PERSEPSI DALAM TRANSFORMASI KARYA SASTRA : STUDI PENGGUNAAN PUISI BUNGA DAN TEMBOK OLEH KELOMPOK MUSIK MERAH BERCERITA

Authors

  • Choiri Fitriyanto Etnomusikologi ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/sorai.v11i1.2346

Abstract

ABSTRACT This paper attempts to describe how the Merah Bercerita music group builds the perception of Wiji Thukul's poem entitled "Flower and Wall" and pours it into a song. It is noteworthy that this musical work is not merely showing the phenomenon of mere musical performances, but also is an effort in giving musical power to the poetic text that is full of social criticism. In this qualitative research, data collection is done with emphasis on the concept of perception as the main perspective, then the data is interpreted to be analysed. The conclusion of this research is the existence of three stages in the process of perception conducted by Merah Bercerita group, namely (1) sensation, (2) attention, and (3) interpretation. Kata Kunci : persepsi, puisi, musik, bentuk musik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, Sri Hermawati Dwi. 2008. Seni Budaya Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Damono, Sapardi Djoko. 2002. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Indrawijaya, Adam. 1989. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Semarang: Unesa Semarang.

Kleden, Leo. 1994. “Tanda Zaman, T e g a n g a n B u d a y a d a n T r a n s f o r m a s i †. L a p o r a n Pelaksanaan Temu Ilmiah dan Festival MSPI '94 Tanggal 1-3 Desember 1994 di Maumere Flores. Surakarta: MSPI.

K u n t o w i j o y o . 1 9 8 7 . B u d a y a d a n Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Liliweri, Alo. 2003. Makna Budaya dalam K o m u n i k a s i A n t a r B u d a y a . Yogyakarta: LKiS.

Miller, Hugh M. 2001. Apresiasi Musik, terj. Triyono Bramantyo. Yogyakarta: Yayasan Lentera Budaya.

Mulyana, Deddy. 2006. Metodelogi Penelitian: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosda Karya.

Nakagawa, Shin. 2000. Musik dan Kosmos, Sebuah Pengantar Etnomusikologi. Jakarta: Yayasan Obor.

Rachmawati, Yeni. 2005. Musik Sebagai Pembentuk Budi Pekerti, Sebuah P a n d u a n u n t u k P e n d i d i k a n . Yogyakarta: Panduan.

Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Sanjaya, Bima Agung. “Makna Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu â€Bento†Karya Iwan Fals (Analisis Semiotika Roland Barthes)†dalam eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 1, Nomor 4, 2013: 183 – 199.

Soeharto, M. 1992. Kamus Musik. Jakarta:Gramedia.

Suryajaya, Martin. 2009. Imanensi dan Tr a n s en d en s i . J a k a r t a : A k s i Sepihak.

Sutrisno dkk. 2005. Teks-Teks Kunci Estetika Filsafat Seni. Yogyakarta: Galang Press.

Teeuw & Awe. 2003. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Narasumber

a. Fajar Merah, 24 tahun. Penyanyi pada kelompok musik Merah Bercerita.

b. Yanuar Arifin, 22 tahun. Pemain gitar bas pada kelompok musik Merah Bercerita.

c. Gandhiasta Andarajati, 23 tahun. Mantan pemain gitar pada kelompok musik Merah

Bercerita.

d. Misael Lintang Bumi, 20 tahun. Pemain drum pada kelompok musik Merah Bercerita.

Downloads

Published

2019-01-25

Issue

Section

Articles