PERUBAHAN KONSEP PRA PERTUNJUKAN MENJADI PERTUNJUKAN MUSIK HUMOR NYIOER MELAMBUAI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan dinamika pertunjukan terutama persoalan konsep dan pertunjukan sebuah kelompok musik khususnya Band Humor “Nyioer Melambuai”. Fenomena perubahan konsep sebelum pertunjukan hingga eksekusinya pada pementasan di atas panggung, menjadi sebuah persoalan menarik terutama berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Perubahan konsep pra pementasan hingga pertunjukan di atas panggung menjadi kebiasaan kelompok Nyioer Melambuai di setiap pentasnya. Hal tersebut pada akhirnya menjadi ciri khas Nyioer Melambuai terutama berkaitan dengan proses kreativitasnya. Penelitian ini membahas mengenai proses perubahan konsep pra pertunjukan ke pertunjukan kelompok band humor Nyioer Melambuai. Bagaimana fenomena tersebut terjadi, faktor-faktor apakah yang mengakibatkan perubahan-perubahan tersebut, hingga kedua hal tersebut dapat terjadi pada kelompok “Nyioer Melambuai”. Landasan yang digunakan untuk membedah persoalan
tersebut yakni menggunakan konsep kreativitas, improvisasi, dan perubahan. Definisi landasan konsep tersebut menjadi diaplikasikan pada fenomena di dalam kelompok “Nyioer Melambuai”. Metode kualitatif yang dilakukan dalam proses penelitian menggunakan “Field Reasearch” atau penelitian lapangan, untuk mendapatkan sejumlah data melalui observasi, wawancara, hingga studi lapangan. Fenomena terjadinya perubahan konsep ke pertunjukan faktor-faktornya, dideskripsikan melalui pemaparan analisis data lapangan. Pada akhirnya penelitian ini memperlihatkan gejala umum praktik-praktik perubahan konsep pra pertunjukan ke pentas di atas panggung di kalangan kelompok musik humor khususnya Nyioer Melambuai. Perubahan-perubahan tersebut terjadi melalui sejumlah faktor. Perubahan tersebut baik pada akhirnya merupakan sebuah bentuk strategi dan kreativitas untuk mencapai kesuksesan sebuah pentas, khususnya oleh Nyioer Melambuai.
Downloads
Article Details
Copyright
Authors who publish to Sorai: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Bagus, L. Kamus Filsafat. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Davies, David. Arts As Performance. Bodmin: MPG Books Ltd, 2004
Getol, G. Good leadership vs bad lidership. Jakarta: Alex Media Komputindo, 2010.
Hastiyanto, Febrie. “Nasib Musik Humor Solo”. Kompas Edisi Jateng, 2008.
Jamalus. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta:Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan, 1988.
Khodijah, Nyayu.“Psikologi Belajar”.Palembang: IAIN Raden fatah press suriasumantri, (ed) 1983, diakses dari www.andragrogi.com pada 3 Maret 2016
Miles, B.B., dan A.M. Huberman, Analisa Data Kualitatif, Yogyakarta: Jalasutra, 1992.
Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Munandar, S.C Utami. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999
Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka,
Priyono, E. (1998). Managemen sumber daya manusia. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rachmawati, Yeni & Euis Kurniati. 2005.
Santosa, Wahyu Iman. “Pecas Ndahe Sebuah Komunitas Musik Parodi Di Kota Solo”. Skripsi. Jurusan Karawitan Institut Seni Indonesia Surakarta. 2006
Sedyawati, Edi. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan, 2001.
Sternthal, B , R R Dholakia, and C Leavitt (1978), "The Persuasive Effect of Source Credibility Tests of Cognitive Response," Journal of Consumer Research, 4, 252-260.UI Press Jakarta
Zaltman, G dan Duncan. (1977). Strategies for Planned Change, A Wiley – Intersclence Publication John Wiley and Sons. New York, London, Sydney, Toronto.