PINK NOISE SEBAGAI GUIDE DALAM MIXING
DOI:
https://doi.org/10.33153/sorai.v16i1.5086Keywords:
Pink Noise, Mixing, SpectrumAbstract
Pink noise adalah noise yang memiliki intensitas bunyi sama kuatnya pada tiap oktaf. Populernya pink noise sebagai bunyi yang ramah di telinga manusia juga telah didukung oleh beberapa riset psikologi dan neuroscience. Kecenderungan intensitas bunyi dan frekuensi dalam pink noise searah dengan teori Fletcher Munson yang merupakan kecenderungan dari pendengaran manusia secara umum.Penelitian ini berusaha untuk menginformasikan bahwa pink noise dapat digunakan sebagai pendekatan mixing secara visual, agar mixing menjadi semakin detail dan efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif-kualitatif. Beberapa lagu K-pop dipilih sebagai sample untuk mengecek kecenderungan spektrum lagu dan keidentikannya terhadap spektrum pink noise. Alat penelitian menggunakan software Studio one 5 dan plug in spektrum meter. Selanjutnya proses tersebut akan dianalisa untuk mendapatkan kelemahan dan kelebihan pink noise saat dijadikan sebagai pendekatan dalam mixing. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya bukti bahwa pink noise memiliki keidentikan pada lagu-lagu korea yang mendunia. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi metode atau pendekatan mixing atau setidaknya pendekatan pada fase pra mixing dalam produksi audio.Downloads
References
Behar, Alberto. 2000. Noise Control: A Premiere. California: Singular Publishing Group
Francis Lim. 2008. Filsafat Teknologi: Don Ihde Tentang Dunia, Manusia dan Alat. Yogyakarta: Kanisius
Owsinski, Boby. 1999. Handbook’s of Mixing. Georgia: Mix books
S. Suzuki, T. Kawada, M. Ogawa, S. Aoki. 1991. “Sleep deepening effect of steady pink noise”, Journal of Sound and Vibration,Volume 151, Issue. 407-414.
Guo, Kejing dkk. 2022. “The Effects of Color Noises on Attention”, Proceedings of the 2022 International Conference on Science Education and Art Appreciation (SEAA 2022), series: Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 576-583.
doi:10.2991/978-2-494069-05-3_71
Medellín-Serafín. AE, Moumtadi. F. 2022. "Binaural sound stimulation at pink noise frequencies to reduce sleep consolidation time and its effects on bispectral index (BIS)," Global Medical Engineering Physics Exchanges/ Pan American Health Care 1-6,
doi:10.1109/GMEPE/PAHCE55115.2022.9757734.
Setiyawan.CF, Murwaningrum. Dyah. 2020. “The Relationship of Music-Sound, Technology and Internet”, IMDES Conference Proceedings Universitas Multimedia Nusantara 11th-12th November 2020. 160-169. DOI:10.31937/IMDES.V1I1.1130
https://en.wikipedia.org/wiki/Equal-loudness_contour. diakses 1Mei 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish to Sorai: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.