INOVASI PROMOSI DAN PRODUK DALAM MENUNJANG SDM UNGGUL MELALUI PELATIHAN BERMITRA DENGAN PEDAGANG LAPAK SERBA LUKIS DI NIGHT MARKET PASAR NGARSOPURO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33153/acy.v13i1.3714

Abstract

Upaya meningkatkan strategi bisnis dari lapak Serba Lukis yang buka di Night Market Nagarsopuro menjadi permasalahn yang dialami oleh lapak Serba Lukis yang hanya berjualan sekali dalam seminggu sesuai program, yakni pada malam minggu saja. Sehingga menjadikan pelanggan tidak dapat leluasa bertransaksi setiap hari, dan omzet penjualan dari lapak Serba Lukis selama ini mengalami stagnan. Karena tidak banyak orang yang tau tentang lapak Serba Lukis dan produk kreatifya. Oleh sebab itu melalui pelatihan inovasi promosi dan produk secara bertahap yang dilakukan dalam program yang dirancang ini, sebagai upaya untuk menangani permasalahan tersebut Program ini lebih fokus pada kegiatan Pelatihan dan  pendampingan  sebagai  strategi  inovasi  pemasaran,  meliputi:  kemitraan dengan marketplace / e-commerce produk kreatif, perancangan alternatif program promosi  sesuai  dengan  target  pasar,  dan  promosi  di  sosial  media.  Adapun pelatihan strategi promosi melalui perancangan desain identitas visual yang diaplikasikan pada berbagai media, seperti: kartunama, katalog, portofolio usaha, , desain lebel produk, seragam dan media promosi online. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan dengan pendekatan partisipatif kolaboratif. Kata kunci: promosi, produk, lapak Serba Lukis, Night market Ngarsopuro 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arif - Fiyanto, Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

References

Affandi, H.M. Mengenal Seni Rupa Anak. Gama Media. Yogyakarta. 2004.

Ganda Prawira, Nanang. Pendidikan Seni Rupa & Kerajinan. UPI Bandung. 2004.

Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia. 1987.

Sancoko, A. H., 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman

Pada Depot Time To Eat Surabaya. AGORA. 3(1). Hal 185-194

Septyato, D. dan Dewanto, I. J., 2016. Pengembangan Strategi E-Marketing UMKMdi

Indonesia. Prosiding Seminar Nasional. ISBN 978-602-60569-2-4. Hal. 165-172

Supardi, J., 2009. Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on- line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri. 1(2). Hal. 38-44

Rawis, J. E. O., Panelewen, V.V.J., Mirah, A. D., 2016. Analisis Keuntungan Usaha Kecil dalam Upaya Pengembangan UMKMdi Kota Manado (Studi Kasus Usaha Katering Miracle Ranotana Weru). Jurnal EMBA. 4(2). Juni2016, Hal. 106-119

Rohidi, TR. dkk. Pendekatan Sistem Sosial Budaya dalam Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press. 1994.

Lantu, D.C., Triady, M. S., Utami, A. F., & Ghazali, A., 2016. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 2016, Hal. 77-93

Downloads

Published

2021-09-09

Issue

Section

Articles