Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan Televisi Pertamina Edisi Ramadan 1442 H

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33153/acy.v13i2.3939

Abstract

Iklan televisi masih menjadi salah satu media paling efektif untuk mempromosikan produk, mengkampanyekan program dan lain sebagainya. Promosi yang dilakukan perusahaan biasanya melibatkan banyak media baik media offline maupun onlineserta menggunakan berbagai cara seperti persuasif terang-terangan maupun dengan terselubung sehingga iklan yang ditampilkan bebas dilihat oleh para pemirsa sesuai visualisasi yang ditangkap dan berdasarkan pengalamannya masing-masing. Tujuan menayangkan iklan biasanya adalah mempromosikan produk atau bertujuan untuk meningkatkan citra sebuah perusahaan. Pada penelitian ini penulis mencoba membedah iklan televisi Pertamina Edisi Ramadhan 1442 H menggunakan metode penelitian kualitatif melalui teknik analisis semiotika Roland Barthes. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi iklan video pertamina pada bulan April - Mei 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan televisi Pertamina Edisi Ramadhan 1442 H memiliki dua tujuan yaitu mempromosikan produk terbaru dan meningkatkan citra perusahaan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arif Ranu Wicaksono, DKV Universitas Sebelas Maret

Dosen Tetap di Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret Surakarta

References

Abdullah, A., & Permana, R. S. M. 2021. Iklan Mi Instan di Televisi pada Saat Pandemi Covid-1, dalam ProTVF, 5(1), 57-79.

Haryadi, Toto. 2016. “Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Edisi “Es Kacang Ijo” dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes” dalam Jurnal JADECS, Vol. 1, No. 1, 2016.

Kriyantoro, R. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi., Jakarta, Kencana.

Pertamina. 2019. Ikhtiar Energi Kebaikan Terus Berputar. https://youtu.be/zeSx9JbFARo (diakses 20 Juli 2021).

Prasetya, Arif Budi. 2019. Analisis Semiotika Film dan Komunikasi., Malang, Intrans Publishing.

Pujiyanto. 2013. Dialektika Estetik Desain Periklanan., Malang, Surya Pena Gemilang.

Sobur, A. 2013. Semiotika Komunikasi, Bandung, Rosda.

Sulistiyawati, P. 2016. Analisis Semiotika Makna Pesan pada Iklan Axis Versi" Iritologi-Menatap Masa Depan", dalam ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(01), 88-102.

Suyanto, M. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia., Yogyakarta, Penerbit Andi.

Downloads

Published

2022-03-09

How to Cite

Wicaksono, A. R., & Diyah Fitriyani, A. H. (2022). Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan Televisi Pertamina Edisi Ramadan 1442 H. Acintya , 13(2), 155–164. https://doi.org/10.33153/acy.v13i2.3939

Issue

Section

Articles