Analisis Buku Fabel Cerita Bergambar “ Pajak Kita” Sebagai Media Dalam Menanamkan Moral Kepada Anak
DOI:
https://doi.org/10.33153/acy.v14i1.4295Abstract
Analisis Buku Fabel Cerita Bergambar “ Pajak Kita” Sebagai Media Dalam Menanamkan Moral Kepada Anak Ira Solihah1, Warli Haryana M,Pd.2Departemen Pendidikan Seni RupaFakultas Pendidikan Seni dan DesainUniversitas Pendidikan IndonesiaEmail: irasolihah@upi.edu AbstrakTujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis buku cerita bergambar “Pajak kita” terhadap menanamkan nilai-nilai moral pada anak. Pada penelitian ini peneliti memakai metode kualitaif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan analisis documen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk melihat nilai-nilai moral pada anak usia dini yang terdapat dalam buku cerita bergambar “Pajak Kita” ini yang mana pada buku ini peneliti menganalisis tiga Series buku, yaitu diantaranya series diantaranya yaitu raja lebah dan sesendok Madu, anjing dan kelinci dan semut dan jangkrik. Setiap series buku memiliki nilai-nilai karakter yang bisa ditumbuhkan pada anak. Diantara nilai-nilai karakter yang terbisa pada setiap series buku yaitu, belajar untuk bisa saling tolong menolong, mengajak anak selalu berkata jujur, mengajarkan anak untuk bertanggung jawab, mengajarkan anak untuk patuh, dan mengajarkan anak untuk memiliki sikap keja keras dan mandiri.Kata kunci: buku cerita bergambar, fabel, pajak, moral, anak AbstractThe purpose of this study is to analyze the illustrated storybook "Our taxes" on instilling moral values in children. In this study, researchers used a qualitaves method with a descriptive approach. Data collection techniques carried out by documen analysis. Based on the results of research conducted to see moral values in early childhood contained in this illustrated storybook "Our Taxes" where in this book researchers analyzed three series of books, namely the series including the king of bees and a spoonful of Honey, dogs and rabbits and ants and crickets. Each series of books has character values that can be grown on children. Among the character values that are available in each series of books are learning to be able to help each other, inviting children to always tell honest words, teaching children to be responsible, teaching children to be obedient, and teaching children to have a tough and independent attitude.Keywords: picture storybook, fable, tax, moral, childDownloads
References
(Halawa et al., 2020)(Amril & Pransiska, 2021)(Gilang et al., 2018)(Savitri & Setiawan, n.d.)(Wulandari & Arumsari, 2017)(Syahrul & Nurhafizah, 2021)(Direktorat Jenderal Pajak, 2014)
Amril, R., & Pransiska, R. (2021). Analisis Buku Cerita Bergambar “Bee Series” Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak. Jurnal Golden Age, 5(02), 175–184. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3488
Direktorat Jenderal Pajak. (2014). Buku Cerita Bergambar. 1–38.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50
Halawa, W. E. S., Triyanto, R., Budiwiwaramulja, D., & Azis, A. C. K. (2020). ANALISIS GAMBAR ILUSTRASI HOMBO BATU NIAS GUNUNGSITOLI. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1). https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18793
Savitri, F. A., & Setiawan, D. (n.d.). Pengembangan buku menggambar ilustrasi. 9(1), 58–63.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Wulandari, C. C., & Arumsari, R. Y. (2017). Perancangan Buku Ilustrasi Tembang Dolanan Jawa Tengah untuk Anak Usia 5-6 Tahun. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(01), 49–58. https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i01.1329
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ira Solihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights