POINT OF INTEREST DALAM POSTER PENANGGANAN COVID 19 DI INDONESIA

Authors

  • Ana Rosmiati Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Endang Retnaningdyah Elis Noviati Mariani Program Studi Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/acy.v14i1.4321

Abstract

Penelitian mengenai Point of Interest dalam Poster Penangganan Cofid 19 ditinjau dari sudut Pragmatik ini menarik untuk dilakukan reseach. Hal ini menginggat masih tingginya kasus lonjakan cofid di berbagai negara di dunia. Poster ini sebagai salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam mencegah penularan cofid. Poster yang dibuat pun menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga dapat mengedukasi masyarakat dengan baik. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat dalam poster edukasi cofid 19 dari kajian pragmatik dan bagaimana makna point of interest pada poster edukasi penangganan cofid 19 dari kajian pragmatik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menemukan prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat dalam poster edukasi cofid 19 dari kajian pragmatik dan menemukan makna point of interest pada poster edukasi penangganan cofid 19 dari kajian pragmatik. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini  adalah sumber data primer berupa poster edukasi penangganan cofid 19. Adapun hasil penelitian ini adalah menemukan makna poin of interest pada poster penangganan cofid 19 serta menemukan maksim yang terdapat didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarini, Nawang Nila . 2020. Fungsi dan Makna Point of interestdalam Unsur Grafis pada

Label Makanan Tradisional Getuk Goreng di Sokaraja. Skripsi: Tidak dipublikasikan.

Halliday, M.A.K dan Ruqaiya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-Aspek Bahasa

dalam Pandangan Semiotika Sosial (Terjemahan). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hymes, Dell. 1979. Foundation in Sociolinguisties : An Etnographic Approach.

Philadelphia. University of Pensylxvania Press.

d’Astous dan Alain Seguin dkk.1999. Consumer Reaction to Product Placement

Strategies in Television Sponsorship. European. Journal of Marketing Vol 33 No 9.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Manajemen dan Startegi Merek . Yogyakarta

:Andi Offset

Russell, Cristel Antonia. 2002. Investigating the Effectiveness of Product

Placements in Television Shows: The Role of Modality and Plot Connection Congruence on Brand Memory and Attitude. Jurnal of Consumer Research Vol. 29 No. 3.

Downloads

Published

2022-08-22

Issue

Section

Articles