PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KELURAHAN BALUWARTI SEBAGAI KAMPUNG WISATA BUDAYA DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33153/bri.v7i2.1593Abstract
Untuk mencapai tujuan sebagai kampung wisata budaya, dibutuhkan branding agar Baluwarti tertata dan terarah, memiliki satu tujuan, satu gaya, satu visual sehingga memiliki brand image atau citra di benak target konsumen. Tujuan dari kekaryaan seni ini adalah untuk memecahkan masalah dalam merancang destination branding identitas visual Baluwarti sebagai Kampung Wisata Budaya dengan menguatkan image tradisional dan klasik melalui media komunikasi visual. Perancangan ini menggunakan pendekatan A-A Procedure sebagai pentahapan komunikasi persuasif mulai dari usaha membangkitkan perhatian (attention) kemudian berusaha mempengaruhi orang untuk melakukan kegiatan (action) seperti yang diharapkan. Kemudian dalam mendapatkan data karakter kawasan Baluwarti   digunakan teori dari Kevin Lynch yang menyebutkan 5 elemen yang membentuk kawasan yaitu Path (jalur), Edge ( tepian ), District (kawasan), Nodes (simpul), Landmark (Tetenger) dan selain itu juga data dari Consumers journey (pengamatan kunjungan konsumen). Produk perancangan yang dihasilkan, berupa prototype pedoman sistem identitas termasuk eksplorasi dalam perancangan nama, logo, warna, tipografi berupa logo Baluwarti dan nama kampung di kawasan Baluwarti yang menjadi bagian rangkaian sistem identitas. Penguatan image tradisional menjadi acuan utama dalam perancangan ini mengingat Baluwarti masuk dalam kawasan Kraton Kasunanan Surakarta yang masih menjunjung tinggi nilai tradisi, diharapkan akan menunjukan keunikan, kekhasan dan kekuatan dari Baluwarti. Kata kunci : Identitas visual, destination branding, BaluwartiDownloads
References
A, Yoeti, Oka. Edisi Revisi 1996,
Pengantar Ilmu Pariwisata,
Penerbit Angkasa, Bandung.
Adityawan, Arif dan Tim libang
Concept. Tinjauan Desain
Grafis. PT. Concept Media,
Jakarta. 2010
Gustami SP. Butir-Butir Mutiara
Estetika Timur, Ide Dasar
Penciptaan Seni Kriya Indonesia , 2007 hal 258, Penerbit
Prasista, Yogyakarta
Haryati, Sophia Ratna Rr.
Semiotika Ruang Sebagai
Unsur Pembentuk Struktur
Permukiman Tradisional Baluwarti Di Keraton Surakarta,
Program Pascasarjana Fakultas Teknik Arsitektur Ugm,
Yogyakarta, 2014 , Tesis
Karjoko, Lego. Mimbar Hukum
volume 21, nomor 1, Februari
Lynch, Kevin (1960), The Image of The City, MIT Press, Cambridge.
Philip Kotler. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan,
Implementasi, dan Pengendalian) Jilid II Cetakan kelima.
Penerbit Erlangga, Jakarta,
Rajiman. Toponimi Kota Surakarta.
Medio: Surakarta, 2002
Sanyoto, Sadjiman Ebdi, Drs. Metode Perancangan Komunikasi
Visual Periklanan, Dimensi
Press. Yogyakarta. 2006
Sumber Lain
Harto, Syafri. Kajian Wisata Budaya
Terpadu Dalam Rangka Meoptimalkan Potensi Lokal
dalam Meningkatkan Daya
Saing Bangsa (Optimalisasi
Wisata Kawasan Muara Takus, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau). http://repository.
unri.ac.id
Koran O, 28 Maret 2014
Menparekraf: warisan budaya
adalah daya tarik wisata,
(http://www. antaranews. com
, 26 Januari 2014)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights