PENGARUH INTENSITAS KEGIATAN MEMBATIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.33153/bri.v8i2.1815Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intensitas kegiatan membatik terhadap kecerdasan emosional remaja. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu Intensitas kegiatan membatik sebagai variabel bebas dan kecerdasan emotional sebagai variabel tergantung. Uji Hipotesa untuk mengetahui pengaruh antara Intensitas kegiatan membatik dengan kecerdasan emotional remaja menggunakan analisis simple linear regression, sedangkan penghitungannya dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 16. for windows release.
Subjek dalam penelitian ini adalalah seluruh mahasiswa Seni Batik Institut Seni Indonesia Surakarta yang masih aktif. Data yang terkumpul dalam ada 47 Subjek. Alat ukur yang digunakan adalah skala intensitas kegiatan melukis dan skala kecerdasan emotional. Hasil penelitian Berdasarkan analisis regresi yang dilakukan antara Intensitas kegiatan membatik dengan kecerdasan emotional remaja maka diperoleh, R = 0,552 (positif) dengan p = 0.000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas kegiatan membatik dengan kecerdasan emotional pada remaja. SeorangRemajasemakinbanyakmeluangkan waktunya untuk melakukan kegiatan membatik semakin menumbuhkan kecerdasan emosionalnya. Karena dalam melakukan kegiatan membatik, remaja dilatih kesabaran dan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang bagus, hal ini yang mampu menumbuhkan kecerdasan remaja. Sedangkan R2 = 0.305 artinya sumbangan efektif intensitas kegiatan membatik terhadap kecerdasan emotional remaja sebesar 30,5 %. Uji linearitas menunjukkan kedua variabel linear dengan F = 19,733 Nilai F hitung > 4, dan p = 0,000 dan hasil ini juga diartikan bahwa model cukup baik yaitu pemilihan variabel intensitas kegiatan membatik sudah tepat
Â
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional Remaja, Intensitas Kegiatan Membatik
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Nunuk Nur Shokiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights