MURAL SEBAGAI MEDIA BRANDING TAMAN SATWA TARU JURUG
DOI:
https://doi.org/10.33153/bri.v9i1.2110Abstract
Objek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) merupakan salah satu tempat wisata dengan konsep wisata alam yang menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Surakarta. Sebagai penyumbang PAD terbesar dari sector pariwisata, Taman Satwa Taru Jurug mempunyai banyak persoalan. Jumlah pengunjung TSTJ dari tahun 2003 mengalami penurunan. Kondisi fisik dan fasilitas yang tidak terawatt merupakan salah satu penyebab menurunnya jumlah wisatawan. Oleh karena itu penting kiranya melakukan PPM yang mengangkat citra TSTJ menjadi taman wisata yang bersih, yaitu dengan membuat mural di tempat-tempat yang terbengkalai agar tidak terkesan kumuh.Studi pendahuluan dalam PPM ini dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui observasi lapangan, studi pustaka/ dokumen dan wawancara kepada pihak terkait. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode SWOT.Hasil dari analisis tersebut yang menjadi dasar program kegiatan dalam PPM ini, yaitu mural sebagai media branding Taman Satwa Taru Jurugâ€. Kata kunci: TSTJ, SWOT, MuralDownloads
References
Jogiyanto. Sistem Informasi
Strategik untuk Keunggulan
Kompetitif, Penerbit Andi
Offset, Yogyakarta, 2005.
Ruslan, Rosadi. Manajemen
Public Relations & Media
Komunikasi. Jakarta: PT.
RajaGrafindo Persada, 2003.
Sukirno, “Workshop Mural untuk
Siswa SMAN Talun dan SMAN Garum Kabupaten
Blitarâ€, dalam laporan PPM
DIPA ISI Surakarta 2009
Susanto, Mikke, (2002), Diksi
Rupa, Yogyakarta: Kanisius.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights