MURAL SEBAGAI MEDIA BRANDING TAMAN SATWA TARU JURUG

Authors

  • S., Sukirno Seni Rupa Murni FSRD

DOI:

https://doi.org/10.33153/bri.v9i1.2110

Abstract

Objek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) merupakan salah satu tempat wisata dengan konsep wisata alam yang menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Surakarta. Sebagai penyumbang PAD terbesar dari sector pariwisata, Taman Satwa Taru Jurug mempunyai banyak persoalan. Jumlah pengunjung TSTJ dari tahun 2003 mengalami penurunan. Kondisi fisik dan fasilitas yang tidak terawatt merupakan salah satu penyebab menurunnya jumlah wisatawan. Oleh karena itu penting kiranya melakukan PPM yang mengangkat citra TSTJ menjadi taman wisata yang bersih, yaitu dengan membuat mural di tempat-tempat yang terbengkalai agar tidak terkesan kumuh.Studi pendahuluan dalam PPM ini dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui observasi lapangan, studi pustaka/ dokumen dan wawancara kepada pihak terkait. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode SWOT.Hasil dari analisis tersebut yang menjadi dasar program kegiatan dalam PPM ini, yaitu mural sebagai media branding Taman Satwa Taru Jurugâ€. Kata kunci: TSTJ, SWOT, Mural

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jogiyanto. Sistem Informasi

Strategik untuk Keunggulan

Kompetitif, Penerbit Andi

Offset, Yogyakarta, 2005.

Ruslan, Rosadi. Manajemen

Public Relations & Media

Komunikasi. Jakarta: PT.

RajaGrafindo Persada, 2003.

Sukirno, “Workshop Mural untuk

Siswa SMAN Talun dan SMAN Garum Kabupaten

Blitarâ€, dalam laporan PPM

DIPA ISI Surakarta 2009

Susanto, Mikke, (2002), Diksi

Rupa, Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2018-07-03

Issue

Section

Articles