KAJIAN SENI LUKIS KARYA DJOKO PEKIK DENGAN TEMA PERISTIWA SEPTEMBER 1965
DOI:
https://doi.org/10.33153/brikolase.v12i2.3357Abstract
Kajian Karya Seni Lukis Djoko Pekik dengan Tema Peristiwa September 1965, skripsi Hapsari Fadlila. Program Studi Seni Rupa Murni, Jurusan Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Skripsi ini meneliti tentang karya-karya Djoko Pekik dengan tema Peristiwa September 1965. Permasalahan yang akan di bahas adalah latar belakang penciptaan dan estetika karya seni lukis Djoko Pekik dengan tema Peristiwa September 1965. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis interaktif dan interpretasi. Teori untuk membedah interpretasi tanda yang terdapat dalam lukisan menggunakan teori semiotika Charles S. Pierce yaitu klasifikasi tanda menurut obyek. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada latar belakang penciptaan karya bertema Peristiwa September 1965, Djoko Pekik berusaha mengungkapkan pengalaman yang dirasakan ketika terjadinya peristiwa-peristiwa di bulan September 1965. Penelitian ini mengupas tiga karya Djoko Pekik yaitu Awal Bencana Di Lintang Kemukus 1965, Kali Berantas Bengawan Solo Luweng dan Sirkus Adu Badak. Karya-karya tersebut terdapat ikon, indek dan simbol merupakan visualisasi tentang kejadian yang dialami Djoko Pekik di tahun 1965. Dimulai dari kemunculan lintang kemukus, ketika Djoko Pekik menjadi tahanan dan awal memasuki Orde Baru.Kata kunci: Djoko Pekik, Seni Lukis, Peristiwa September 1965Study of Djoko Pekik Painting Artwork themed the September 1965 Incidents, Hapsari Fadlila's thesis. Pure Arts Study Program, Department of Fine Arts, Faculty of Art and Design, Indonesian Institute of the Arts Surakarta. This thesis examines the Djoko Pekik’s works themed the September 1965 Incidents. The issues that will be discussed are the background of the creating and aesthetics of painting by Djoko Pekik themed the September 1965 Incidents. The research method used is qualitative research with interactive and interpretation analysize. The theory for dissecting the interpretation of the signs which iscontained in the painting uses Charles S. Pierce's semiotic theory namely classification of signs according to objects. The results of this research are that in the background of creating this work themed the September 1965 incident, Djoko Pekik tried to express the experiences which he felt during the incidents in September 1965. This research explores three Djoko Pekik’s works, namely Awal Bencana Di Lintang Kemukus 1965, Kali Berantas Bengawan Solo Luweng and Sirkus Adu Badak.The works contained icons, indexes and symbols which are a visualization about the incidents experienced by Djoko Pekik in 1965. Begins from lintang kemukus, when Djoko Pekik became a prisoner and early Orde Baru. Keywords : Djoko Pekik, Painting Arts, September 1965 IncidentsDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-02-15
Issue
Section
Articles
License
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights