DESAIN KOMIK DIGITAL CERITA RAKYAT DESA ARJOWILANGUN

Authors

  • Prisca Amelia Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Harijati Purwaningsih Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.33153/brikolase.v13i2.3829

Keywords:

Arjowilangun, Cerita, Komik, Rakyat

Abstract

Indonesia adalah negara dengan banyak kebudayaan, salah satunya adalah cerita rakyat. Banyak cara untuk melestarikan cerita rakyat dengan menarik minat generasi muda, salah satunya adalah cerita rakyat tersebut dijadikan sebuah komik. Salah satunya adalah dengan mengangkat kisah cerita rakyat dari Desa Arjowilangun, Malang. Di zaman yang semakin maju, penggunaan gawai kian meningkat pesat, dengan memanfaatkan gawai maka pelestarian cerita rakyat lebih mudah. Diciptakannya sebuah komik dalam bentuk digital agar mudah membaca, mengakses dan menyebarkannya lebih muda.            Untuk menciptakan komik digital, dilakukan metode kualitatif untuk mendapatkan sumber data. Metode kualitatif mudah menemukan hasil data yang sesuai dengan keinginan peneliti, karena dengan menjabarkannya secara rinci. Untuk mendapatkan data yang sesuai, dilakukan pengumpulan data dengan cara wawancara warga di Desa Arjowilangun, observasi di sekitar desa, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data maka dilakukan analisis data, maka digunakannya analisis SWOT agar dapat ditemukan kelebihan dan kekurangan dalam pembuatan komik digital mengenai Desa Arjowilangun.            Hasil perancangan ini berupa komik digital dengan mengangkat budaya yang ada di Desa Arjowilangun. Karya ini menampilkan budaya dengan Desa Arjowilangun pada masa awal mula terbentuknya Desa Arjowilangun dengan penggunaan warna, typografi dan latar belakang yang sesuai dengan Desa Arjowilangun. Perancangan ini berupa komik digital, dengan media pendukung yaitu buku, kaos, pin dan stiker, yang diharapkan  dapat memberi suatu bentuk edukasi mengenai Desa Arjowilangun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, P. W., & Lesmana, P. S. W. (2020). Implementasi komik interaktif cerita rakyat cupak grantang dengan bahasa isyarat berbasis mobile. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(2), 243–252.

Anugrah, S. P., & Indrojarwo, B. T. (2018). Perancangan Komik Digital Legenda Singo Ulung sebagai Media Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Bondowoso. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(1), 30–34.

Ernawati, E. (2019). ANALISIS TANDA PADA KARYA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. DESKOVI: Art and Design Journal, 2(1), 27–34.

Ernawati, E. (2020). KECERDASAN SPASIAL DALAM MEMAHAMI TRIMATRA: STUDI STRATEGI PEMBELAJARAN MATA KULIAH NIRMANA 2 (TRIMATRA). Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 15(01), 10–21.

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran komik digital pada kompetensi dasar sistem pembayaran dan alat pembayaran untuk siswa kelas X IPS di MAN 1 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135–141.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185.

Downloads

Published

2021-12-31