TEKNIK GREEN SCREEN DALAM PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KEILMUAN SENI RUPA DAN DESAIN DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Deny Tri Ardianto Universitas Sebelas Maret (UNS) https://orcid.org/0000-0002-5991-4849
  • Anugrah Irfan ilIsma Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Arif Ranu Wicaksono Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Sayid Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Rudy Wicaksono Herlambang Universitas Sebelas Maret (UNS)

DOI:

https://doi.org/10.33153/brikolase.v13i2.3991

Abstract

Revolusi industri 4.0 membawa perubahan pada bidang teknologi informasi. Manusia yang semakin akrab dengan teknologi menghasilkan kebudayaan digital. Perkembangan tersebut berdampak pada kemunculan era disrupsi yang memerlukan sikap adaptif untuk mengikutinya. Pandemi Covid 19 yang memiliki efek secara global, menyebabkan lebih banyak tuntutan untuk beradaptasi karena terjadi beragam perubahan pola dalam kehidupan. Salah satu tuntutan tersebut terjadi dalam dunia pendidikan yang memiliki kendala dalam berkomunikasi antara pendidik dan peserta didik. Hal ini memunculkan permasalahan mengenai bagaimana pendidik menyikapi fenomena online learning dalam mengembangkan media ajar berbasis video. Sebagai alternatif solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan menciptakan media ajar video menggunakan teknik green screen yang diunggah melalui kanal-kanal video.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Deny Tri Ardianto, Universitas Sebelas Maret (UNS)

Dept. of Visual Communivation Design, Faculty of Art and Design. Universitas Sebelas Maret di Surakarta, Indonesia

References

Ardianto, D. T. (2014). Dari Novel ke Film: Kajian Teori Adaptasi sebagai Pendekatan dalam Penciptaan Film. Panggung, 24(1). https://doi.org/10.26742/panggung.v24i1.101

Ardianto, D. T. (2017). Teori Adaptasi Sebuah Pendekatan dalam Penciptaan Film. Mudra Jurnal Seni Budaya, 31(2). https://doi.org/10.31091/mudra.v31i2.28

Astuti, A. Y., S., M. S. (2016). Optimalisasi Editing Green Screen Menggunakan Teknik Lighting Pada Chroma Key. Multitek Indonesia, 10(1), 1. https://doi.org/10.24269/mtkind.v10i1.233

Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Hart, H. (1946). Technological Acceleration And The Atomic Bomb. American Sociological Review, 11(3), 277-293.

Grenfell, J. (2013). Immersive Interfaces for Art Education Teaching and Learning in Virtual and Real World Learning Environments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 1198–1211. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.016

Marsiding, Z. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012

Moser, K. M., Wei, T., & Brenner, D. (2021). Remote teaching during COVID-19: Implications from a national survey of language educators. System, 97. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102431

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417

Rohman, A., dan Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural : Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. UNWAHA Jombang.

Shiddike, M. O., dan Rahman, A. A. (2020). Case study method in human resource development: Reviewing the research literature.https://doi.org/10.5539/ibr.v13n4p113

Sosiawan, E. A. dan Wibowo, R. (2019). Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 147. https://doi.org/10.31315/jik.v16i2.2698

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 102. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Turkmenoglu, D. (2012). Visual Perception and Drawing Relationship in Art Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 849–852. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.251

Vadivel, B., Mathuranjali, M., & Khalil, N. R. (2021). Online teaching: Insufficient application of technology. Materials Today: Proceedings. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2021.01.454

Wall, J. E. (1972). Technology and Social Change: Some Implications for Vocational Education.

Yesica, E. (2018). Inovasi Budaya Visual Indonesia Beridentitas pada Era Globalisasi. Implikasi Seni Dan Desain Sebagai Inovasi Kreatifitas Dalam Mewujudkan Budaya Visual Indonesia Yang Beridentitas. Retrieved from https://proceedings.sendesunesa.net/publications/268179/inovasi- budaya-visual-indonesia-beridentitas-pada-era-globalisasi

Downloads

Published

2021-12-31