Non-Diegetic Sound sebagai Represetasi Suara Hati Pada Film Puisi “Ruang Batin”

Main Article Content

Nastiti Dwi Lestari
Stri Agneyastra Dite

Abstract

Non diegetic sound adalah salah satu jenis konsep tata suara yang sering digunakan pada film dan merupakan tatanan suara diluar cerita film yang tidak dapat didengar oleh tokoh dalam cerita tetapi dapat didengar oleh audien. Jenis tata suara tersebut berfungsi untuk membangun suasana, meningkatkan daya imajinasi dan emosional audien serta media penyampai pesan. Pada karya ini, tata suara non diegetic sound menggunakan teknik penyampaian pesan dengan voice over, sound effect dan soundscape. Voice over berupa naskah puisi yang mewakili suara hati tokoh, sedangkan sound effect dan soundscape menggambarkan keadaan dan suasana dalam cerita. Hasil kesimpulan dari penciptaan karya ini adalah aspek suara pada film tidak dapat dipisahkan. Tata suara menjadi bagian penting untuk mendukung aspek naratif pada film dalam upaya membangun suasana dan menghadirkan realitas cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Nastiti Dwi Lestari, Student of Magister Program at Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

I am an arts practitioner and academic with a focus on art and media, film, animation and fine arts.

References

Alten, Stanley R. (2013). Audio in Media. Wadsworth Publishing.

Berger, Arthur Asa, terj. Dwi Marianto. (2010). Pengantar Semiotika: TandaTanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Beauchamp, Robin. (2013). Designing Sound for Animation 2nd edition. Focal Press.

Brodwell, David & Thompson Kristin. (2008). Film ART: An Introduction. California: McGraw-Hill.

Collins, Karen. (2020). Studying Sound: Theory and Practice of Sound Design. The MIT Press.

Holman. (2010). Sound for film and television, United Kingdom. Elsevier.Inc.

Nurgiyantoro, B. (2014). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratista, Himawan. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Raskin, Richard. (1992). “Varieties of Film Sound: A New Typology.” fra (Pré) Publications, Romansk Inst.” Aarhus Universitet, April.

Wyatt e T. Amyes. (2005). Audio Post Production for Television, United Kingdom: Local Press.

M.G¨orne, Thomas. (2019). Journal. The Emotional Impact of Sound: A Short Theory of Film Sound Design. Hamburg University of Applied Sciences, Sound Lab: vol.1.

Dite, Stri Agneyastra. (2023). Representasi Identitas Jawa Pada Cerita Maya (Film Maya Daya Raya) Melalui Unsur Sinematik: Mise en Scene. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema, 20, 8-10. DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v20i1.93