PENGARUH AKTIVITAS MELUKIS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.33153/brikolase.v16i1.5920Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas melukis terhadap kecerdasan emosional remaja. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebasnya adalah aktivitas melukis dan variabel terikatnya adalah kecerdasan emosional. Pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh kegiatan melukis terhadap kecerdasan emosional pada remaja menggunakan analisis simple linier regression, sedangkan perhitungannya dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 15. For windows release . Subyek penelitian yaitu semua mahasiswa prodi seni murni Institut Seni Indonesia Surakarta yang masih aktif. Data yang dikumpulkan sebanyak 63 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala intensitas aktivitas melukis dan skala kecerdasan emosional. Hasil Penelitian Berdasarkan analisis regresi yang dilakukan antara aktivitas melukis dengan kecerdasan emosional pada remaja diperoleh R = 0,386 ( positif) dengan p = 0,00 2 (p<0,05) . Hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara intensitas dari melukis dengan kecerdasan emosional remaja. Sedangkan R 2 = 0,149 artinya sumbangan efektif aktivitas melukis terhadap kecerdasan emosional remaja sebesar 14,9 % , terdapat 85,1% variabel lain yang mempengaruhi kecerdasan emosional pada remaja. Uji linearitas menunjukkan kedua variabel linier dengan F = 10,653 Nilai F hitung > 4, dan p = 0,000 dan hasil ini juga diartikan bahwa model cukup baik yaitu pemilihan variabel aktivitas melukis sudah benar.Downloads
References
Atkinson, RL dkk. 1987. Pengantar Psikologi I. Jakarta: Penerbit Erlangga .
Cooper Cary & Makin Peter, 1995. Psikologi Untuk Manajer. Jakarta: Arcan .
Dharsono , SK (2004). Seni Rupa Modern, Bandung, Ilmu Teknik.
Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan : Perkembangan Peserta Didik. Bandung : CV Pustaka Setia.
Goleman , Daniel. (2000). Emisional Intelijen ( terjemahan ). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman , Daniel. (2000). Bekerja Dengan Emosional Intelijen ( terjemahan ). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gottman , John. (2001). Tips Membesarkan Anak dengan Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, CB (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Masa Hidup, Terjemahan: Istiwidayanti dan Soedjarwo , Jakarta, Erlangga
Husna, RA (2006). Hubungan Intensitas Komunikasi Interpersonal Dengan Konflik Pribadi Dalam Keluarga Serta Perasaan Rendah Diri Pada Remaja . Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
HB., Sutopo, 1994, Lukisan Kaca di Surakarta , Surakarta, Fakultas Sastra UNS.
Haditono, SR (2001), Psikologi Perkembangan: Pengantar Berbagai Bidang, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.
Harmoko , R., Agung, 2005. Kecerdasan Emosional . Binuscareer.com
Haditono , SR 2001. Psikologi Perkembangan : Pengenalan Berbagai Bagian , Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Hurlock, CB 1999. Psikologi Perkembangan Sesuatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan , Terjemahan: Istiwidayanti dan Soedjarwo . Jakarta: Erlangga
King, LA 2012. Sains dari Psikologi : Pandangan Apresiasi , ( terjemahan ), Psikologi Umum ; Pandangan Apresiatif, Jakarta: Salemba Humanika .
Mappiare , A. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Perusahaan Nasional
Martin, Anthony Dio, 2003. Refleksi Manajemen Kualitas Emosional , Revisi dan Revitalisasi Kehidupan Melalui Kekuatan Emosi. Jakarta : Arga .
Sarlito Wirawan. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Shokiyah , NN (2012), Analisis Hubungan Aktivitas Melukis dengan Kebutuhan Psikologis Remaja: Laporan Penelitian, ISI Surakarta.
Wahyuningsih, AS (2004). “ Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas I I S MU Lab School Jakarta Timur ”. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nunuk Nur Shokiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights