KAJIAN VISUAL MOTIF PADA KAIN IKAT KEPALA KHAS CIREBON

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33153/brikolase.v16i1.5970

Abstract

Karya seni yang berasal dari masa lalu terkadang memiliki nilai historis yang mencerminkan kehidupan masyarakatnya. Kain ikat kepala khas Cirebon yang berada di Museum Tekstil Jakarta menyimpan berbagai cerita melalui visualnya yang terus di jaga hingga saat ini melalui konservasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji motif kain ikat kepala khas Cirebon yang ada di Museum Tekstil Jakarta secara visual. Metode penelitian menggunakan kualitatif  deskriptif dengan pendekatan semiotika visual. Sehingga simbol dan makna yang ada pada motif-motif tersebut dapat diungkapkan melalui identifikasi dan analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, terdapat dua kain ikat kepala sebagai objek penelitian yaitu ikat kepala motif Macan Ali dan motif Sawat. Kedua kain tersebut didapatkan dari sumbangan GP. Mangkunegoro VIII pada tahun 1976 dan dibuat dengan teknik batik. Hasil penelitian menemukan bahwa motif pada kain ikat kepala Macan Ali memvisualkan simbol Keraton Cirebon dan keislamannya dengan beberapa motif kaligrafi tawhid. Sedangkan pada kain ikat kepala motif Sawat merupakan kain yang berasal dari pengaruh Jawa-Hindu dengan motif sayap garuda, pohon hayat dan meru dan lidah api sebagai simbol kosmologi kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albar, M. W. (2018). Analisis Semiotik Charles Sander Pierce Tentang Taktik Kehidupan Manusia: Dua Karya Kontemporer Putu Sutawijaya. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(2).

Al Hazmi, F. (2023). Penerapan Motif Ular dalam Karya Batik sebagai Representasi Pandemi COVID-19. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 40(2), 239-248.

Al Hazmi, F., & Damayanti, H. R. (2022). Pengelolaan Koleksi Museum Wayang Kekayon sebagai Ruang Pelestarian Seni Budaya. Jurnal Imajinasi, 6(1), 19-25.

Budiman, K. (2011). Semiotika visual: konsep, isu, dan problem ikonisitas. Jalasutra.

Chandler, D. (2022). Semiotics: the basics. Routledge.

Ciesielska, M., Boström, K. W., & Öhlander, M. (2018). Observation methods. Qualitative methodologies in organization studies: Volume II: Methods and possibilities, 33-52.

Eskak, E. (2013). Mendorong Kreativitas Dan Cinta Batik Pada Generasi Muda: Kritik Seni Karya Pemenang Lomba Desain Batik Bbkb 2012. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 30(1).

Eko, Bertha Sri & Hendar Putranto. (2019). The Role of Intercultural Competence and Local Wisdom in Building Intercultural and Inter-religious Tolerance. Journal Of Intercultural Communication Research, Vol. 48, No. 4, 341–369.

Fieldman, Edmund Burke. (1967). Art As Image and Idea. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Grata, Benny. (2020). Inspirasi Islam Pada Batik. Buana Alit Wastra Mahakarya.

Handayani, W. (2018). Bentuk, Makna Dan Fungsi Seni Kerajinan Batik Cirebon. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 6(1).

Haris, T. (2010). Bendera Macan Ali Koleksi Museum Tekstil Jakarta. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 1(1), 36.

Hasbunallah, A. (2019). Nilai historis-sosiologis bendera macan ali dan dunia mistik masyarakat cirebon (memaknai ulang konsep Islam kejawen). Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, 7(2).

Hendri, Z. (2004). Pemanfaatan semiotika visual untuk memahami karya seni rupa. Imaji, 2(1).

Innis, R. E. (2023). Semiotics. In The Palgrave encyclopedia of the possible (pp. 1469-1480). Cham: Springer International Publishing.

Kay, Alan. (2000). Art and community development: the role the arts have in regenerating communities. Community Development Journal Vol. 35 No. 4.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Listiani, S., Sunarya, Y. Y., & Lionardi, A. (2020). The Symbolic Meaning of Batik Sawat Pengantin Cirebon by H. Masina. In International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS).

Muthiah, W. (2018). Kajian Ragam Hias Naga Seba Pada Batik Cirebon. Narada, 5(3), 291073.

Peirce, C. S. (1992). The Essential Peirce, Volume 2: Selected Philosophical Writings (1893-1913) (Vol. 2). Indiana University Press.

Prizilla, A. B. (2016). Rupa Ragam Hias Batik Bernuansa Islam Keraton Cirebon Setelah Masa Pra-Islam. Jurnal Rupa, 1(2).

Rachman, A. (2017). BATIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH: STUDI TENTANG PENGGUNAAN BATIK DALAM PENYEBARAN ISLAM DI CIREBON. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 8(1), 1-20.

Rose, G. (2022). Visual methodologies: An introduction to researching with visual materials.

Satria, Y., & Suheryanto, D. (2016). Pengaruh temperatur ekstraksi zat warna alam daun jati terhadap kualitas dan arah warna pada batik. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 33(2), 101-110.

Septianti, S. (2020). Kajian Bentuk, Fungsi, dan Makna Simbolik Motif Gurda pada Batik Larangan Yogyakarta. INVENSI, 5(1), 65-80.

Sucitra, I. G. A. (2015). Transformasi sinkretisma Indonesia dan karya seni Islam. Journal of Urban Society's Arts, 2(2), 89-103.

Sudiana, D. (2014). Analysis of Macan Ali Symbols of Sultanate Cirebon. Bandung Creative Movement (BCM), 1(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Sunaryo, A. (2018). Seni rupa Nusantara: pengantar kajian dan apresiasi seni. Dahara Prize.

Susanto, S. (2018). Seni Batik Indonesia. Penerbit Andi.

Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya dan kebudayaan: Tinjauan dari berbagai pakar, wujud-wujud kebudayaan, 7 unsur kebudayaan yang bersifat universal. Cross-border, 5(1), 782-791.

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat. (2016). Iket Wulung/ Wifik. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Diakses pada 15 Mater 2022, dari http://sribaduga.jabarprov.go.id/koleksi/item/4

Wahyusukma, T. P., Muchyidin, A., & Nursuprianah, I. (2022). Macan Ali In The Cirebon Glass Painting: The Study Of Ethnomathematics. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 1(1), 27-40.

Wulandari, A. (2022). Batik Nusantara: Makna filosofis, cara pembuatan, dan industri batik. Penerbit Andi.

Yusup, I. M. (2020). Kajian Ikonografi Motif Mega Mendung Cirebon. DESKOVI: Art and Design Journal, 3(2), 92-98.

Zaini, S. (1982). Kewajipan orang beriman terhadap al-Qur'an. Surabaya: Al-Ikhlas.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles