DIALOG TRADISI ISLAM DAN MODERNITAS DALAM KARYA SENI CETAK GRAFIS A. D. PIROUS

Authors

  • Nisrina Nur Kamila Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/brikolase.v17i1.7083

Keywords:

A.D. Pirous, printmaking, Islamic tradition, art modernity

Abstract

A.D. Pirous memadukan tradisi Islam dengan modernitas melalui medium seni cetak grafis. Latar belakangnya dalam seni rupa dan desain grafis tidak hanya memungkinkan eksplorasi kebebasan ekspresi dalam berkarya, tetapi juga mendorong integrasi prinsip desain yang terstruktur, efisien, dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (literature review) melalui analisis berbagai sumber tertulis, seperti katalog karya, jurnal akademik, dan artikel terkait. Karya seni cetak grafis A.D. Pirous merepresentasikan pertemuan antara nilai spiritual Islam dan pendekatan modern dalam seni cetak grafis. Karya-karyanya membangun dialog antara kaligrafi Islam dan modernitas melalui eksplorasi teknik cetak grafis. Pendekatan inovatifnya dalam mengolah unsur tradisional dengan metode modern menunjukkan bahwa seni Islam bersifat dinamis dan dapat berkembang dalam lanskap seni rupa global. Seni cetak grafis A.D. Pirous merupakan manifestasi modernitas yang tetap mempertahankan nilai spiritual, sekaligus memperluas cakrawala seni Islam melalui pendekatan yang lebih inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alashari, Duaa Mohammed, Abd Rahman Hamzah, dan Nurazmallail Marni. (2020). The Journey of Islamic Art Through Traditional and Contemporary Calligraphy Painting. UMRAN International Journal of Islamic and Civilizational Studies Vol. 7, No. 3, hlm. 1–11.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. hlm. 3

Dewi, Citra Smara (2021). Seni Grafis Kenusantaraan: Kajian Koleksi Galeri Nasional Indonesia Era 1950-an hingga 1970-an. Galeri Nasional Indonesia. hlm. 125-128.

Elmenfi, F. (2023). Reorienting Edward Said’s Orientalism: Multiple Perspectives. International Journal of English Language Studies. hlm. 64-70. https://doi.org/10.32996/ijels.2023.5.1.7.

Endriawan, Didit, Tri Haryotedjo, and Donny Trihanondo. (2022). Aesthetic of Contemporary Indonesian Arabic Calligraphy Painting in the Works of Abdul Djalil Pirous, Didin Sirojudin, and Imam Pramono. IICACS : International and Interdisciplinary. Conference on Arts Creation and Studies Vol. 7, No. 1, hlm. 76-84. https://doi.org/10.33153/iicacs.v4i1.185.

Fahrudin, A. (2022). Analisis Ikonoklasme Nurcholish Madjid pada Kaligrafi Abdul Djalil Pirous. Jurnal Riset Agama. hlm. 383-401.

Fadhila, A. N., & Jassin, S. (2018). Kontribusi AD Pirous dalam Perkembangan Seni Lukis Kaligrafi di Indonesia (1970-2003). Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah, Vol 2, No. 2, hlm. 91–110. https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.16744

George, K. M. (2002). A.D. Pirous: Vision, Faith, and a Journey in Indonesian Art, 1955-2002. Yayasan Serambi Pirous. hlm. 46-86

George, K. M. (2008). Ethical pleasure, visual dzikir, and artistic subjectivity in contemporary Indonesia. Material Religion, Vol. 4, No. 2, hlm. 172-192. https://doi.org/10.2752/175183408X328299.

Priyatno, Agus (2014). 10 Pelukis Maestro Indonesia. Medan: Penerbit Unimed Press. hlm. 1-10.

Rahman, D. (2017). Seni grafis Indonesia kembali ke "jalan masif". Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, Vol. 9, No. 02, hlm. 90-97. https://doi.org/10.33153/bri.v9i2.2170.

Rohandi, T. (2013). Kaitan Judul dan Visual pada Karya Seni Lukis A.D. Pirous. Vol. 4, hlm. 141-160.

Rosidi, M. R. (2020). Relasi timur dan barat dalam karya tiga seniman Yogyakarta: Kajian poskolonial pada karya Nano Warsono, Utin Rini, dan Eddy Susanto. Brikolase, Vol. 12, No. 2, hlm. 173-187. https://doi.org/10.33153/brikolase.v12i2.3421.

Schmidt, L. (2012). Picturing Islam: Art and ethics in a Muslim lifeworld. By Kenneth M. George. Chichester: Wiley-Blackwell, 2010. Plates, Notes, Bibliography, Index. Journal of Southeast Asian Studies, Vol. 43, hlm. 193-194. https://doi.org/10.1017/S0022463411000774.

WEBSITE

Monika, S. (2023). A.D. Pirous: Dakwah dalam Karya Seni. Islami.co https://islami.co/a-d-pirous-dakwah-dalam-karya-seni/

IVAA. (n.d.). Pelaku Seni- AD Pirous. https://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/ad-pirous-1

Tifa. (2022, 26 Jun). Menyelami Nilai Spiritualitas Karya AD Pirous. Media Indonesia. https://epaper.mediaindonesia.com/detail/menyelami-nilai-spiritualitas-karya-ad-pirous

Indoartnow. (n.d.). Artist A. D. Pirous. https://indoartnow.com/artists/a-d-pirous

Mutual Art.(n.d.). Artist A.D. Pirous. https://www.mutualart.com/Artist/A--D--Pirous/DD74D0C374397747

Serambi Pirous. (n.d.). Tentang Serambi Pirous Ruang Berkarya dan Berbincang tentang Seni dan Budaya. https://serambi.pirous.com/

Serambi Pirous. (n.d.). Pameran Arsip Artikel Serambi Pirous. https://serambi.pirous.com/

Artsociates. (n.d.). Biography AD Pirous.https://www.artsociates.com/artist/a-d-pirous

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Kamila, N. N. (2025). DIALOG TRADISI ISLAM DAN MODERNITAS DALAM KARYA SENI CETAK GRAFIS A. D. PIROUS. Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 17(1), 116–129. https://doi.org/10.33153/brikolase.v17i1.7083

Issue

Section

Articles