TEKNIK SULAM FANTASI KARYA SENIMAN VERA SHIMUNIA 2017 – 2025 TERHADAP ESTETIKA BENTUK
DOI:
https://doi.org/10.33153/brikolase.v17i1.7087Keywords:
Sulam Fantasi, Seni Tekstil, InovasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi karya sulam fantasi Vera Shimunia dengan fokus pada penggunaan teknik sulam modern dan penerapan nilai budaya dalam karya seni tekstil kontemporer. Mengintegrasikan teknik tradisional dengan elemen-elemen kontemporer dalam menciptakan karya yang relevan dengan perkembangan seni saat ini. Konteks masalahnya berkaitan dengan perkembangan seni sulam dalam dunia digital dan media sosial, serta perannya dalam pendidikan budaya dan ekonomi kreatif. Penelitian ini berposisi pada analisis estetika dan sosial dari karya Vera Shimunia, dengan pendekatan kualitatif melalui kajian visual dan wawancara terkait proses kreatif seniman. Pembahasan dilakukan dengan mengidentifikasi teknik sulam yang digunakan, serta mengkaji dampak karya tersebut terhadap penikmat dan kontribusinya terhadap seni tekstil modern. Hasil penelitian ini menunjukkan penggabungan teknik tradisional dengan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman, menciptakan karya yang tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi memberi dampak sosial yang signifikan dalam memperkenalkan budaya dan membuka peluang ekonomi kreatif. Selain itu, penggunaan media sosial sebagai platform untuk memperkenalkan karya-karyanya memberikan kontribusi dalam penyebaran apresiasi terhadap seni tekstil kontemporer.
Downloads
References
Afifa, S., & Yuliarma. (2024). Seni Kerajinan Tenunan Songket Melayu di Kabupaten Indragiri Hulu. Brikolase, 11-21.
Angel, B. (2025, Januari 06). Teknik Sulam Benang pada Handbag Wanita dengan Ide Penciptaan Bentuk Telinga. Retrieved from Google Scholar: https://digilib.isi.ac.id/19543/
Bahiyyah, C., & Mutmainah, S. (2025). Penerapan Teknik Sulam Pada Motif Damar Kurung Oleh Siswa MAN 2 Gresik. Jurnal Seni Rupa, 57-66.
Gusmail, S., & Nugra, P. D. (2021). Hoaks Sebagai Konsep Penciptaan Tari “Filter”. Jurnal Ekspresi Seni, 140-150.
Hardianti, S. (2021, November 12). Sulaman Berwarna. Retrieved from Anyflip: https://anyflip.com/rpjtw/wmdk/basic
Imelda, D. (2016). Revitalisasi Baju Kuruang Basiba Minangkabau. Jurnal Ekspresi Seni, 180-332.
Linggarjati, H. (2015). Hendrabuana dan Seni Lukis Kaligrafinya (Kajian Biografi dan Estetika). Journal of Contemporary Indonesian Art, 20-29.
Naini, U., & Hasmah. (2021). Penciptaan Tekstil Teknik Ecoprint Dengan Memanfaatkan Tumbuhan Lokal Gorontalo. Jurnal Ekspresi Seni, 266-276.
Prawira, N. G. (2024). Bab II Seni dan Estetika. Retrieved from Universitas Pendidikan Indonesia: http://file.upi.edu/Direktori/FPSD/JUR._PEND._SENI_RUPA/196202071987031-NANANG_GANDA_PRAWIRA/Modul_seni_rupa.pdf
Rahmawan, M. V. (2018). Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni. Retrieved from Jurnal TA Vector: https://digilib.isi.ac.id/6142/4/jurnal%20TA%20vector.pdf
Ranelis. (2014). Seni Kerajinan Bordir Hj.Rosma: Fungsi Personal dan Fisik. Jurnal Ekspresi Seni, 98-115.
Ratyaningrum, F. (2017). Buku Ajar Kriya Tekstil. Surabaya: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni UNESA.
Setem, I. W., & Mudana, I. W. (2021). Penyusunan Ensiklopedia Bidang Seni Lukis Klasik, Seni Ukir, dan Tekstil di Bali. Brikolase, 22-42.
Susilawati. (2018). Sejarah Industri Sulaman Indah Mayang di Naras Kota Pariaman Tahun 2002-2015. Hadharah: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 1-20.
Syarif, M. I., & Kurniawati, D. W. (2018). Fungsi Iluminasi Pada Naskah Jawa Skriptorium Keraton. Jurnal Imajinasi, 9-20.
Wijayanti, L. (n.d.). Mata Kuliah Estetika Kriya. Retrieved from Repository Institut Kesenian Jakarta: https://repository.ikj.ac.id/1363/1/MODUL%20Mtk%20Estetika%20Kriya.pdf
Wikipedia. (2024, Oktober 25). Impresionisme. Retrieved from Wikipedia Endiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Impresionisme
Yanuarmi, D. (2015). Dampak Seni Bordir Komputer di Bukittinggi Sumatera Barat. Jurnal Ekspresi Seni, 305-323.
Zumar, D. (2009). Kriya Sulam dan Bordir Indonesia. Jakarta: Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Departemen Perindustrian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saffa’ Rabi’atul Adawiyah, I Nengah Mariasa, Eko Wahyuni Rahayu, Trisakti Trisakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights