PENERAPAN POLA BERPIKIR DESAIN DALAM KAMPANYE IDENTITAS VISUAL DISABILITAS DI KLATEN DAN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33153/brikolase.v17i1.7090Keywords:
Design thinking, Disability Visual Campaigns, Inclusive Design, Social AwarenessAbstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan Design thinking dalam pembuatan kampanye visual disabilitas, khususnya di Klaten dan Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pola berpikir desainer dalam menciptakan karya desain yang efektif, inklusif, dan dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Melalui lima tahapan design thinking—Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test—penelitian ini menganalisis perancangan logo, maskot, animasi, dan poster yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial dan mempromosikan kesetaraan bagi disabilitas. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara dan studi literatur untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh desainer dalam menghasilkan karya visual yang memenuhi kebutuhan aksesibilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berpikir desain yang terstruktur dan proses interaktif sangat penting dalam menciptakan desain yang mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif.
Downloads
References
Chaerunnisa, H.N. (2014). Identifikasi Potensi Bahaya Pada Lantai Produksi Dengan Pendekatan Metode Hazard Identification and Risk Assesstment (HIRA) dan Failure Mode Effect Analyze (FMEA) di PT. Indofood CBP sukses Makmur tbk. Pabrik Tanggerang. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol.10 (2).
Dawami, A. K., Rukiah, Y., & Andrijanto, M. S. (2018). Analisis Kampanye Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2017 Kabupaten Klaten. Jurnal Desain, 6(01), 1. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2620
Geissdoerfer, M., Bocken, N. M. P., & Hultink, E. J. (2016). Design Thinking to Enhance The Sustainable Business Modeling Process – A Workshop Based on A Value Mapping Process. Journal of Cleaner Production, 135, 1218— 1232.
Gestwicki, P., McNely, B. (2012). A Case Study of A Five-Step Design Thinking Process in Educational Museum Game Design. Computer Science.
Hadiprawiro, Y. (2018). Desain Logo dan Maskot “Difabel Klaten” sebagai Brand Awareness Kampanye Sosial Peduli Masyarakat Disabilitas di Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Desain, 5(02), 135. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i02.2270
Hadiprawiro, Y., Susanti, D. I., Hidayati, A. N., Saptodewo, F., & Dawami, A. K. (n.d.). (2024). Pembuatan Karakter Animasi “Halo Saya Disabilitas” untuk Memperkuat Isu Disabilitas pada Sektor Pendidikan. 2(02).
Hartika, C. T., & Dawami, A. K. (2020). Perancangan Logo HDI Klaten 2019 sebagai Identitas Visual Hari Difabel. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media, 1(2), 115–126. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i2.17
Listya, A., & Dawami, A. K. (2018). Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Jurnal Desain, 5(02), 61. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i02.2195
Matthews, J., & Wrigley, C. (2017). Design and Design Thinking in Business and Management Higher Education. Journal of Learning Design, 10(1), 41 – 54.
Riddle, C. A. (2017). Human Rights, Disability, and Capabilities. Palgrave Macmillan US. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59993-3
Sofiana, Y. (2014). Pemahaman Critical Thinking, Design Thinking, dan Problem Solving dalam Proses Desain. Jurnal Humaniora. Vol 5(2).
Susanti, D. I., Saptodewo, F., Hidayati, A. N., Hadiprawiro, Y., & Dawami, A. K. (n.d.). Perancangan Poster Disabilitas di SDS IT Nurul Yaqin. Presisi Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No. 02, Desember, 2023. ISSN 2964-545X, pp. 91-98.
Witarsa, Vhany, A. 2015. Eksplorasi aplikasi alas kaki yang terinspirasi dari kelom geulis. Thesis: Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 angga kusuma dawami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights