PARODI GENDER SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL: STEREOTIPIKAL SIKAP PEREMPUAN DALAM KONTEN SOSIAL MEDIA
DOI:
https://doi.org/10.33153/brikolase.v17i1.7171Keywords:
media sosial, konten kreator, gender parody, tanggung jawab etis, utilitarianismeAbstract
Artikel ini mengeksplorasi fenomena konten kreator media sosial laki-laki yang memerankan karakter perempuan dalam perspektif etika utilitarianisme. Dalam era digital, media sosial telah menjadi platform utama untuk ekspresi dan interaksi sosial, di mana konten kreator memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk opini publik dan norma budaya. Tulisan ini berfokus pada tiga konten kreator terkenal di Indonesia: Ibu Hajat, Karmalogy, dan Meifang_sby, yang menggunakan karakter perempuan untuk memparodikan kebiasaan sehari-hari wanita. Melalui analisis kritis terhadap konten mereka, artikel ini menilai dampak positif dan negatif dari tindakan mereka berdasarkan prinsip-prinsip utilitarianisme yang dikembangkan oleh John Stuart Mill. Artikel ini juga membahas bagaimana identitas yang dibentuk di media sosial adalah hasil dari proses kurasi yang kompleks, serta pentingnya tanggung jawab etis bagi konten kreator dalam produksi konten yang menghibur dan mendidik.
Downloads
References
Abidin, Crystal. 2016. “Visibility Labour: Engaging with Influencers’ Fashion Brands and #OOTD Advertorial Campaigns on Instagram.” Media International Australia 161 (1): 86–100. https://doi.org/10.1177/1329878X16665177.
AGN. 2022. “Dikira Perempuan, Virgiana Setiawan ‘Ibu Hajat’ Klarifikasi Soal Gender.” Insertlive.Com. November 24, 2022. https://www.insertlive.com/hot-gossip/20221124150635-7-296527/dikira-perempuan-virgiana-setiawan-ibu-hajat-klarifikasi-soal-gender.
Arriagada, Arturo, and Francisco Ibáñez. 2020. “‘You Need At Least One Picture Daily, If Not, You’re Dead’: Content Creators and Platform Evolution in the Social Media Ecology.” Social Media and Society 6 (3). https://doi.org/10.1177/2056305120944624.
Astuti, Luthfi Dwi Puji, and Isra Berlian. 2024. “Kisah Haru Di Balik Suksesnya Konten Viral Emak-Emak Ala Agung Karmalogy.” Viva.Co.Id. May 21, 2024. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1716082-kisah-haru-di-balik-suksesnya-konten-viral-emak-emak-ala-agung-karmalogy?page=2.
Augista, Angelia Leony Van. 2024. “Brandon De Angelo, Artis Cilik Jebolan IMB Kini Jadi Seleb TikTok - Punya Kepribadian Lainnya Disebut Ai Meifang.” Kapanlagi.Com. May 9, 2024. https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/brandon-de-angelo-artis-cilik-jebolan-imb-kini-jadi-seleb-tiktok-punya-kepribadian-lainnya-disebut-ai-meifang-aa5b72.html.
Bertens, K. 2013. Etika. 12th ed. Yogyakarta: PT Kanisius.
Bivens, Rena, and Oliver L. Haimson. 2016. “Baking Gender Into Social Media Design: How Platforms Shape Categories for Users and Advertisers.” Social Media and Society 2 (4). https://doi.org/10.1177/2056305116672486.
Haryatmoko. 2024. Prinsip-Prinsip Etika Landasan Teori Untuk Memecahkan Kasus-Kasus Dilema Moral. 1st ed. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Hu, Y., L. Manikonda, and S. Kambhampati. 2014. “What We Instagram: A First Analysis of Instagram Photo Content and User Types.” In Eighth International AAAI Conference on Weblogs and Social Media.
Kirkpatrick, David. 2011. The Facebook Effect: The Insight Story of The Company That Is Connecting The World. 1st ed. New York: Simon & Schuster Paperbags.
Marwick, Alice E. 2015. “Instafame: Luxury Selfies in the Attention Economy.” Public Culture 27 (1): 137–60. https://doi.org/10.1215/08992363-2798379.
Smith, J. 2020. “The Impact of Social Media Influencers on Mental Health Awareness.” Journal of Social Media Studies 15 (3): 45–59.
Tionardus, Melvina, and Andika Aditia. 2022. “Profil Dan Biodata Agung Karmalogy.” Kompas.Com. November 11, 2022. https://entertainment.kompas.com/read/2022/11/11/134000366/profil-dan-biodata-agung-karmalogy.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nerfita Primadewi, Dessy Rachma Waryanti, Varatisha Anjani Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author continues to retain the copyright if the article is published in this journal. The publisher will only need publishing rights