FOTOGRAFI EKSPRESI : “ BERMAIN DI KEBUN IMAJINER “
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v12i1.1613Abstract
Fotografi pada umumnya sebagai alat untuk dokumentasi sebuah peristiwa atau kejadian. Seiring dengankemajuan teknologi dan perkembangan ide kreatif manusia, maka fotografi dikelola untuk membuat hasil
pemotretan yang lebih unik dan berbeda. Fotografi dirancang dengan konsep tertentu, diproses dan
dihadirkan sebagai luahan ekspresi artistik pemotretnya, maka karya tersebut menjadi sebuah karya
fotografi ekspresi.
Fotografi ekspresi dengan tema anak-anak adalah sebuah penciptaan karya fotografi sebagai ungkapan
ekspresi pribadi penulis dalam merespon imajinasi anak-anak bermain yaitu dalam bermain peran.
Belandaskan ide kreatif, penulis akan mengekplorasi imajinasi anak-anak bermain,yang selanjutnya
dikonsep, diproses dan dihadirkan sebagai luahan ekspresi penulis.
Dalam Karya foto ini, anak-anak bermain peran. Bermain peran adalah aktivitas bermain anak-anak dalam
mewujudkan khayalannya dengan menggunakan berbagai topeng mainan. Hal ini akan dikelola dengan
daya imajinasi produksi penulis, untuk mewujudkan karya fotografi yang mempunyai kesan khayal
(imajiner). Perwujudan karya ini dilakukan dengan teknik montase, untuk mengkonfigurasi elemen utama
yaitu anak bermain peran dengan elemen pendukung yaitu benda-benda yang menjadi sebuah kebun
imajiner.
Selain mempunyai kesan khayal, karya ini juga menampilkan sebuah foto yang artistik dan gaya visual yang
berbeda dari foto yang sudah ada dengan tema anak-anak.
Kata Kunci: Fotografi Ekpresi, Bermain Peran, Kebun Imajiner.
Downloads
References
Bahari, Nooryan, 2008, Kritik Seni, Wacana
Apresiasi dan Kreasi, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta.
Barthes, Roland. (2010), Image/Music/Text, atau
Imaji Musik Teks, Analisis Semiologi atas Fotografi Iklan, Film, Musik, Alkitab,
Penulisan dan Pembacaan serta Kritik
Sastra, terjemahanAgustinus Hartono,
Jalasutra, Yogyakarta.
Feininger, Andreas. (1998), The Complete
Photographer atau Unsur Utama Fotografi
Terjemahan Soelarko, Dahara Press,
Semarang.
Fineman, Mia, (20012),Faking It: Manipulated
Photography Before Photoshop, The
Metropolitan Museum of Art, Ney York
Gaarder, Jostein. (2006), Sopies World atau
terjemahan Dunia Sophie , terjemahan
Rahmani Astuti, PT. Mizan Pustaka,
Bandung.
M. Cathrene Connery,Vera P. John-Steiner,Ana
Marjanovic-Shane, (2010), Vygotsky and
Creativity: A Cultural-Historical Approach
to Play, Meaning making and The Art,
Peter Lang Publishing, Inc, New York
Mutiah, Diana. (2010), Psikologi Bermain Anak
Usia Dini, Kencana Prenada, Media
Group, Jakarta.
Patrice Baldwin,Kate Fleming, (2003),Teaching
Literacy Through Drama: Creative
Approaches, RoutledgeFalmer, USA and
Canada.
Sartre, Jean Paul. (2001), The Psychology Of
Imagination atau Psikologi
ImajinasiTerjemahan Silvester G. Sukur,
Yayasan Bentang Budaya.
Sitorus, Eka D.(2006), The Art Of Acting, Seni
Peran Untuk Teater, Fil & Tv, Gramedia,
Jakarta, 2003.
Soedjono, Soeprapto. (2006), Pot-Pourri Fotografi,
Universitas Tri Sakti, Jakarta.
Soedarsono, RM. (2001), Metodologi Seni
Pertunjukan dan Seni Rupa, Masyarakat
Seni Pertunjukan Indonesia, Bandung.
Sunardi, ST. (2002),Semiotitica Negativa, Kanal,
Yogyakarta.
Tedjasaputra, Myke S. (2001), Bermain, Mainan
dan Permainan, untuk pendidikan anak
usia dini, PT. Grasindo, Jakarta.
Tedjoworo, H. (2010),Imaji dan Imajinasi, Suatu
Telaah Filsafat Posmodern, Yogyakarta.
Waren, Bruce, (2003), Photography The Consise
Guide, Delmarm a Division of Thompson
Learning inc,
Warner, Mary Marien. (2006), Photography :
Culture History, 2nd edition, Laurence
Publishing Ltd, London.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.