KRITIK HOLISTIK: EKSPRESIONISME DALAM KARYA BATIK ABSTRAK PANDONO

Danang Priyanto

Abstract


ABSTRAK
Batik abstrak merupakan pengembangan gaya pembatikan mengadopsi dari aliran seni lukis abstraksionisme yang termasuk dalam kelompok ekspresionisme-abstrak dengan menitikberatkan pada komposisi garis dan warna. Pada proses penciptaannya, hal yang menjadi menarik adalah pada teknik penciptaan serta komposisi pewarnaan.Batik abstrak diperkirakan muncul pada tahun 1970-an dan mulai diterima dan berkembang di masyarakat pada 1980-an. Adapun karya batik abstrak yang dibahas adalah batik abstrak karya Pandono. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui eksistensi karya batik abstrak dilihat dari sudut pandang sejarah, dan mengupas batik abstrak karya Pandono yang merupakan salah satu seniman batik yang aktif dalam produksi karya batik abstrak dengan menggunakan sudut pandang kritik holistik. Kemunculan industri batik abstrak pandono dimulai pada tahun 1980-an dan menjadi salah satu tokoh seniman batik abstrak yang terkenal di wilayah Surakarta. Metode yang digunakan adalah metode kritik seni holistik dengan menggunakan tiga sumber data yakni genetik, objektif, dan afektif. Hasil penelitian yang didapat adalah sejarah kemunculan seni lukis abstrak yang turut mempengaruhi keberadaan batik abstrak, latar belakang kehidupan Pandono sebagai seniman batik abstrak, karakteristik visual karya batik Pandono, dan dampak emosional dari penghayatan karya batik Pandono.

Kata kunci: Batik abstrak, Pandono, kritik holistik.

ABSTRACT
Abstract batik is building style batik adopt from the flow of the art of painting abstraksionisme belong to the ekspresionisme-abstrak by focusing on the line and color composition.At process him, the be attractive is on the composition techniques and staining.Batik abstract estimated appeared in the 1970-an and began accepted and developed in the 1980-an . But as for the work of of batik from the palace abstract discussed during the meeting were of batik from the palace abstract the work of Pandono.Objectives of the study are well aware of the existence of the works of art of of batik from the palace abstract seen from the point of view of the history of, and strip of batik from the palace abstract the work of Pandono who was one of who worked as an artist and batik products active in the production the work of of batik from the palace abstract by the use of the point of view of opinions or suggestions because they holistic.The emergence of another in the batik industry abstract pandono began in the s 1980-an and was one of a figure by who worked as an artist abstract of batik from the palace that is well known in the region of Surakarta.The methodology that was used is the method the art of criticism holistic by using three of the source of data genetic researcher, objective , and affective.The results of the study obtained is history the emergence of the art of painting abstract who also influence the existence of batik abstract, background life Pandono as artists batik abstract, characteristic of visual work Pandono batik, and the emotional impact of batik Pandono work.
Keywords: batik abstract, Pandono, criticism holistic.


Full Text:

PDF

References


Anindito Prasetya. 2010. Batik : Karya Agung Warisan Budaya Dunia. Yogyakarta: Pura Pustaka.

Biranul Anas, dkk. Indonesia Indah Batik. Jakarta. Yayasan Harapan Kita/ BP 3 TMII.

Dharsono. 2007. Budaya Nusantara. Bandung: Rekayasa Sains.

____2007. Kritik Seni. Bandung: Rekayasa Sains.

____ 2017 Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Guntur. 2007. Kriya Dan Penciptaannya dalam Buku Kekriyaan Nusantara. Surakarta: ISI Surakarta Press.

Gustami. 2004. Proses Penciptaan Seni Kriya. Yogyakarta: FSR ISI Yogyakarta.

Nooryan Bahari. 2008. Kritik Seni: Wacana Apresiasi dan Kreasi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Santosa Doellah. 2002. Batik Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Surakarta: Danar Hadi.

Narasumber

Pandono, usia 42 Tahun, pengusaha dan seniman batik abstrak, alamat Laweyan, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33153/ornamen.v15i1.2471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Danang Priyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ornamen
ISSN 1693-7724 (print)  | 2685-614X (online)

indexed by: