PERANCANGAN BACKPACK DENGAN MOTIF IKON KOTA SURAKARTA SEBAGAI SALAH SATU SOUVENIR WISATA

Rachmanita Meidyana Meidyana, Darwoto Darwoto Darwoto, Sarwono Sarwono Sarwono

Abstract


Kebutuhan manusia akan kegiatan pariwisata semakin tinggi. Seseorang atau kelompok tertentu akan melakukan perjalanan wisata pada kota-kota yang memiliki obyek wisata. Pada obyek wisata terdapat berbagai macam industri pariwisata yang menawarkan berbagai macam produk lokal, baik itu makanan, minuman aupun kerajinan tangan sebagai souvenir untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang berkunjung. Hal ini menjadi latar belakang penulis untuk menciptakan suatu inovasi produk berupa souvenir backpack yang mengusung tema ikon Kota Surakarta sebagai motif pada kain poliester KTX dengan penggayaan visual posterization dan tiga dimensi dengan menggunakan teknik cetak terbaru, yaitu digital printing. Desain motif yang dibuat berjumlah 8 buah desain, dan 3 buah produk backpack yang telah direalisasikan dengan ukuran yang berbeda-beda. Produk souvenir backpack ditujukan untuk remaja laki-laki dan perempuan berusia 15 hingga 19 tahun. Perancangan souvenir backpack ini bertujuan untuk mempromosikan visual ikon-ikon Kota Surakarta kepada masyarakat lokal dan mancanegara dalam bentuk produk inovasi berupa souvenir backpack dengan teknik terbaru yaitu digital printing.   Kata Kunci: Backpack, Digital Printing, Ikon, Surakarta, 3 Dimensi.

Full Text:

PDF

References


Awangga, Maulana. 2019. Pengantar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Kreatif Industri Nusantara. Budiman, Kris. 2004. Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik Hughes, Alsheimer. 2009. Black and White in Photoshop CS4 and Photoshop Light Room. Linace House. United Kingdom. Bagus, I Gusti. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta. CV Andi Offset. Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Grasindo: Jakarta. Kight, Kimberly. 2011. A field Guide to Fabric Design. Lafayette: Stash Books. Knecht, Endmund. 1912. The Principles and Practice of Textile Printing. London: Charles Griffin. Kriyantono, Rachmat. 2019. Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group. Nugroho, Sarwo. 2015. Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: CV Andi Offset.

McCarthy, Perreault,dkk. 2009. Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat. Nusantara, Guntur. 2003. Panduan Praktis Cetak Sablon. Depok: Pt. Kawan Pustaka. Rogers, Mary F. 2003. Barbie Culture Ikon Budaya Konsumerisme. Yogyakarta: Bentang Budaya. Suryadana, M. Liga. 2013. Sosiologi Pariwisata. Bandung: Humaniora. Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2009. Woodcock, Baudis,dkk. 2015. The Fashion Dictionary. London: Carlton Books Limited. Nataya CR, dkk. 2013. Jurnal Tingkat Sarjana. Perancangan dan Pengembangan Tas Backpack Ergonomis dan Multifungsi. Fakultas Teknik Indstri. Universitas Trisakti. Supriyatmono. 2009. Kerajinan Limbah Kaca Sebagai Souvenir Di Kota Madya Surakarta.Vol. IX No.1.




DOI: https://doi.org/10.33153/ornamen.v16i2.2925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rachmanita Meidyana Meidyana, Darwoto Darwoto Darwoto, Sarwono Sarwono Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ornamen
ISSN 1693-7724 (print)  | 2685-614X (online)

indexed by: