WADANA RÊNGGAN PADA MANUSKRIP SERAT SEJARAH INGKANG SAKING PANGIWA
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v17i1.3239Abstract
Manuskrip Serat Sejarah Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Paku Buwana Kaping X, Sejarah Ingkang Saking Pangiwa, memiliki muatan ragam bentuk gambar. Gambar bingkai yang terdapat dalam manuskrip kuno dinamakan Wadana Rênggan. Bentuk Wadana Rênggan dalam manuskrip Jawa memiliki ciri khas yang menunjukkan sifat kedaerahan. Struktur bentuk Wadana Rênggan pada manuskrip memiliki karakter yang khas. Pola yang dihasilkan menunjukkan adanya tujuan tertentu. Permasalahan ragam bentuk dan pengorganisasian elemen Wadana Rênggan era PB X menjadi dimensi tersendiri yang layak dikaji dalam sudut pandang budaya rupa. Artikel ini membahas tentang, bagaimana aspek jenis dan bentuk elemen motif ragam hias Wadana Rênggan pada manuskrip Serat Sejarah Pangiwa?, bagaimana karakteristik pengorganisasian elemen motif ragam hias Wadana Rênggan pada Serat Sejarah Pangiwa? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bertujuan mencapai pemahaman tentang struktur bentuk dan pengorganisasian elemen Wadana Rênggan. Teknik analisis data menggunakan model interaksi analisis. Interaksi analisis digunakan sebagai bagian dari upaya mendapatkan data dari emik untuk kemudian diarahkan menjadi etik. Teks berkaitan dengan sejarah keluarga Keraton Surakarta berkaitan dengan peristiwa kelahiran, pernikahan, dan kematian. Pada Wadana rênggan ditemukan dua jenis motif yaitu motif tumbuhan dan motif artifisial. Terdapat dua struktur bidang besar yaitu bidang tunggal dan bidang ganda. Warna yang diterapkan pada Wadana rênggan terdiri dari biru, kuning atau prada, hijau dan merah.Kata Kunci: Wadana rênggan, struktur visual, dan Sejarah Ingkang Saking PangiwaDownloads
References
Behrend, T. E. 1996. “Textual Gateways: The Javanese Manuscript Tradition” dalam Illuminations: Writing Traditions of Indonesia. (Ed. Ann Kumar dan John H. McGlynn). Jakarta: Yayasan Lontar.
Coster-Wijsman, L.M, Illustraties bij het Javaanse Verhaal Pandji Djajakusuma. Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde, 1952.
Florida, Nancy K., Javanese Literature in Surakarta Manuscripts, vol I Manuscripts of the Kasunanan Palace. Ithaca New York: Cornell University, 2000.
______________., Javanese Literature in Surakarta Manuscripts, vol II Manuscripts of the Mangkunegaran Palace. Ithaca New York: Cornell University, 2000.
Guntur. Ornamen Sebuah Pengantar. Surakarta: P2AI STSI Surakarta bekerjasama dengan STSI Press Surakarta, 2004.
Hamlin, A.D.F, A History of Ornament Ancient and Medieval (New York: The Century Co. 1916.
Humphreys, Noel. The Art of Illumination and Missal Painting: A Guide to Modern Illuminator. London: H.G Bohn, 1849.
Jones, Owen. The Grammar of Ornament. London: Bernard Quaritch, 1868.
Kumar, Ann et al., Illumination the Writing Tradition of Indonesia. New York: Weatherhill Inc.& Lontar Fondation, 1996.
Mu’jizah, Iluminasi dalam Surat-Surat Melayu Abad ke 18 dan ke 19. Jakarta: KITLV, 2009
Mulyadi, Sri Wulan Rujiati, Kodikologi Melayu di Indonesia, Depok: Fakultas Sastra Univ. Indonesia, 1994.
Ratna, Nyoman Kutha. Metode Penelitian: kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 2010.
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia, UI Press. 1992
Philips, Peter and Gilian Bunce. Repeat Patterns: a Manual for Designer, Artist and Arschitects. London: Thames and Hudson Ltd, 1993.
Rader, Melvin. A Modern Book of Aesthetic, New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc; 1960.
Rostiyati, Ani, Sistem Pengetahuan Tradisional Masyarakat Jawa, Studi tentang Simbolisme dan Pengetahuan Flora-Fauna. Yogyakarta: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional, 1990/1991.
Sutopo, H.B. Metode Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press, 2006.
Tabrani, Primadi, Bahasa Rupa. Bandung: Kelir, 2005.
Toekio, Soegeng, Mengenal Ragam Hias Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa, 1987.
Ward, James. The Principles of Ornament. London: Chapman and Hall, 1896.
Wilson, Eva. 8000 Year of Ornament, Illustrated Handbook of Motif. London: British
Museum Press, 1994.
Zoetmulder, P.J dan S.O Robson. Kamus Jawa Kuna Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama
Jurnal
Adisasmito, Nuning Damayanti. “Karakter Visual dan Gaya Ilustrasi Manuskrip Lama di Jawa Periode 1800-1920”. ITB J. Vis. Art & Des. Vol. 2, No. 1, (Desember 2008), 54-71.
Eko Widodo,Sisyono, et al. “Illuminasi Dan Ilustrasi Manuskrip Jawa Di Perpustakaan Sana Pustaka Keraton Surakarta (Sebuah Kajian Kodikologis)”. Atavisme Jurnal Ilmiah Kajian Sastra, Vol. 15, No. 2,(Desember 2012) 209-220
Kurniawan, Aries dan Ruly Darmawan. 2002. “Informasi Seni Iluminasi dalam Format Perpustakaan Digital”. Makalah dalam Annual Meeting of Indonesian Digital Library Network, Bandung, 11–12 April 2002.
McNeill. N.B. “Colour and Colour Terminology”, Jurnal of Linguistic, Vol. 8 No: 1 (February 1972).
Rosenbauer, Wallace. The Function of Ornament, College Art Journal, Vol. 6, No. 3, Spring, 1947, 224.
Safari, Achmad Opan, “Illuminasi Manuskrip Cirebon,” Jurnal Manuskripta 1, No. 2 (Desember 2011), 43-58.
Tesis dan Disertasi
Saktimulya, Sri Ratna, “Fungsi Wadana Rênggan dalam Sêstradisuhul”, Tesis S2 pada Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada, 1998.
Guntur, “ Motif Hias Alas-alasan pada Batik dalam Ritual Tingalan Jumenengan dan
Perkawinan di Keraton Kasunanan Surakarta: Kajian Bentuk, Fungsi, dan Makna”,
Disertasi S3 pada Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.