PENERAPAN MOTIF TRENGGILING PADA KERIS DENGAN TEKNIK TINATAH
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v17i1.3258Abstract
Senjata tradisional khususnya keris mengalami perkembangan dari bentuk dan karakternya seiring dengan kemajuan zaman. Dalam tugas akhir ini penulis membuat keris kreasi baru, mengabungkan motif Trenggiling pada keris dengan teknik tinatah didalam karya tersebut. Motif Trenggiling memberikan insipirasi pada penulis, karena memiliki bentuk pada sisik yang menarik dan mewakili simbol perlindungan diri. Trenggiling adalah satu-satunya hewan mamalia yang memiliki sisik untuk melindungi tubuhnya dari pemangsa atau predator di alam liar. Motif Trenggiling disesuaikan dengan desain dan akan diterapkan pada karya tosan aji berupa Keris.Metode penciptaan yang diterapkan dalam proses penciptaan yaitu tahap eksplorasi, tahap perancangan, dan tahap perwujudan. Eksplorasi meliputi obervasi, studi pustaka dan wawancara. Perancangan meliputi analisis dan sketsa alternatif. Perwujudan meliputi penerapan pada material yang sudah sesuai dengan sketsa yang terpilih, yang menghasilkan tiga keris yakni: dhapur Trenggiling Sisik Waja, dhapur Trenggiling Lingkaring Urip, dhapur Manis Javanica. Penciptaan tugas akhir ini berpijak pada penerapan motif Trenggiling pada keris dengan teknik tinatah. Motif Trenggiling memberikan inspirasi pada penulis, karena memiliki karakter yang menarik, unik, dan mewakili simbol perlindungan diri. Diharapkan menghasilkan keris-keris kreasi baru tanpa meninggalkan tradisi yang dapat membangun makna-makna yang terkandung serta turut melestarikan karya seni.
Kata kunci: Keris, motif, Trenggiling
Downloads
References
Bambang Harsrinuksmo, 2004, Ensiklopedi Keris, Pertama Gramedia.
Basuki Teguh Yuwono, 2011, Keris Naga, Badan Pengembangan Sumber Daya Kementrian Pariwisata. dan Ekonomi Kreatif.
------------------, 2012, Keris Indonesia, Citra Sains LPKBN.
Catur Fajrie Diah Astuti, 2006, Anatomi Otot Daerah Bahu Dan Lengan Atas Trenggiling Jawa Manis javanica: Bogor.
Didier Millet, 2002, Margasatwa PT. Widyadara.
Gustami SP, Butir-Butir Mutiara Estetika Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia (Yogyakarta: Prasista, 2007).
Heryanto, Planet Kehidupan, (PT. Gelora Aksara Pratama: 2009)
Kuntadi Wasi Darmojo, Keris Jawa Kamardikan (teknik, bentuk, fungsi, dan latar belakang penciptaan), Tesis, Surakarta: Pasca Sarjana ISI 2013.
-------------------, Eksistensi Keris dalam Kajian Budaya, jurnal, Texture, art and culture, FSRD IS Surakarta, Vol 2 No 1. Juli 2019.
Sukirman Hadi, 2013, Keris Karya Asli Budaya Bangsa Indonesia, CV.ITA Surakarta,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.