BATIK TULIS KHAS SRAGEN DENGAN SUMBER IDE MOTIF GAJAH PURBA

Duwi Wahyu Hidayat

Abstract


ABSTRAK

 

Duwi Wahyu Hidayat. C0913017. 2019. Batik Tulis khas  Sragen dengan Sumber Ide Gajah Purba. Tugas Akhir : Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Proyek penciptaan desain motif ini dilatarbelakangi oleh peluang untuk membuat produk baru yang berfokus pada pengolahan visual (motif). Ide visual yang ditawarkan adalah potensi museum purbakala  Kabupaten Sragen yaitu gajah purba yang memiliki keunikan dan karakternya sendiri.

Tujuan pengembangan desain ini adalah mengembangkan desain Batik Sragen yang berfokus pada pengolahan visual (motif) gajah pruba.

Metode yang dipakai dalam pengembangan desain batik ini adalah metode desain berbasis riset. Metode desain yang dipakai melewati tiga proses pokok yakni metode perancangan, konsep perancangan, dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap analisis permasalahan yang ada di Kabupaten Sragen, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data tentang kekhasan daerah Sragen, uji coba teknik dan visual, dan bagan alur perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain. Visualisasi yakni tahap memvisualkan 8 desain sesuai dengan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.

Hasil dari perancangan desain sebagai berikut: (1) unsur-unsur visual dari hasil gajah purba yang diolah dengan penggayaan stilasi dan dekoratif yang sederhana dengan mempertimbangkan unsur estetis agar tetap mempertahankan karakter gajah purba. (2) Pembuatan batik tulis dengan motif hasil gajah purba ini diaplikasian kedalam kain batik.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Batik Sragen, gajah purba museum purbakala Sragen

 

ABSTRACT

 

              Duwi Wahyu Hidayat. C0913017. 2019. Typical Batik Sragen with Ancient Elephant Ideas Source. Final Project: Textile Craft Study Program, Faculty of Arts and Design, Sebelas Maret University, Surakarta.

              The motive design project is motivated by the opportunity to create new products that focus on visual processing (motifs). The visual idea offered is the potential of an ancient museum in Sragen Regency in the form of an ancient elephant which has its own uniqueness and character.

              The purpose of developing this design is to develop a Sragen Batik design which focuses on the visual processing (motif) of pruba elephants.

              The method used in the development of this batik design is a research-based design method. The design method used goes through three main processes, namely the design method, design concept, and visualization. The design method is through problem analysis in Sragen Regency, problem solving strategies, data collection about the uniqueness of the Sragen area, technical and visual trials, and design flow diagrams. The design concept includes the rationale for design design. Visualization is the stage of visualizing 8 designs according to the design plan concept that has been written in the design process.

              The results of the design are as follows: (1) Visual elements of ancient elephants were processed in a stylized style and simple decorations by paying attention to aesthetic elements in order to maintain the character of ancient elephants. (2) Making written batik with an ancient elephant motif is applied to the batik cloth.

 

Keywords: Development, Batik Sragen, the ancient elephant of the ancient museum of Sragen


Keywords


Development, Batik Sragen, the ancient elephant of the ancient museum of Sragen

Full Text:

PDF

References


Doellah Santoso. 2002. Batik Indonesia. Jakarta. Gramedia

Doellah Santoso. 2002. Batik Pengaruh Jaman dan Lingkungan. Surakarta : Danarhadi.

Dharsono. 2007. Budaya Nusantara : Kajian Konsep Mandala dan Konsep Triloka terhadap Pohon Hayat Pada Batik. Bandung: Rekayasa Sains.

Ginting, Rosnani. 2013. Perancangan Produk. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Poerwanto dan Zakaria Lantang Sukimo. 2012. Inovasi Produk dan Motif Seni Batik Pesisiran Sebagai Basis Pengembangan Industri Kreatif Dan Kampung Wisata Minat Khusus. Jakarta : Universitas Al-Azhar.

Kusumawardhani Reni. 2012. Batik How To Wear. Jakarta. Gramedia.

Musman Asti, Arini Ambar. 2011. Batik: Warisan Adiluhung Nusantara.Yogyakarta: Andi Offset.

Wulandari Ari. 2011. Batik Nusantara: Makna Filosofis, Cara Pembuatan & Industri Batik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Dharsono. 2007. Budaya Nusantara : Kajian Konsep Mandala dan Konsep Triloka terhadap Pohon Hayat Pada Batik. Bandung: Rekayasa Sains.

Rizali, Nanang. 2012. Metode Perancangan Tekstil. Surakarta:UNS Press.

Sachari, Agus (Editor). 1986. Paradigma Desain Indonesia: Pengantar dan Kritik. Jakarta: CV Rajawali.

Susanto Sewan. 1980. Seni Kerajian Batik Indonesia. Balai Penelitian Batik dan Kerajinan, Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri, DepartemenPerindustrian R.I.

Wulandari Ari. 2011. Batik Nusantara: Makna Filosofis, Cara Pembuatan & Industri Batik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Skripsi dan Tesis

Affanti Tiwi B. 2009. “Keberadaan Batik Kliwonan” .Thesis. Surakarta: ISI

Puryanti, 2010.”Batik Kliwonan di Kabupaten Sragen”.




DOI: https://doi.org/10.33153/ornamen.v17i2.3664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Duwi Wahyu Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ornamen
ISSN 1693-7724 (print)  | 2685-614X (online)

indexed by: