IDE FOLKLORE NYAI AGENG BANOEWATI DAN POTENSI ALAM DAERAH BAKARAN SEBAGAI BLUS WANITA

Tria Agusti Mulyani

Abstract


ABSTRAK

 

Batik Bakaran merupakan batik yang dipercaya sebagai peninggalan Majapahit yang memiliki  sejarah Panjang dan potensi artistik yang menarik. Salah satu keunikanya adalah meiliki warna khas batik pedalaman tetapi dengan corak atau motif khas pesisir seprti hasil laut. Walapun begitu batik bakaran masih bisa dibilang kalah popular dengan batik tradisi daerah lain. Selama ini pengembangan hanya terbatas flora dan fauna di daerah sekitar, masih belum banyak yang mengembangkan batik Bakaran dengan sumber ide folklore daerah tersebut yaitu Nyai Ageng Banoewati. Tujuan pengembangan ini adalah terciptanya produk Batik Bakaran yang Inovatif, Kompetitif, dan mempunyai diferensiasi produk yang tinggi.

Metode perancangan diawali dengan Analisis Permasalahan, Strategi Pemecahan Masalah, Pengumpulan Data, Uji Coba dan Gagasan Awal Perancangan. Kemudian dilanjutkan dengan Proses Perancangan Colin Clipson dalam Nanang Rizali yang melewati tahap Identifikasi Masalah, Analisa Perencanaan Produksi, Proses Kreatif, Proses Produksi dan dan Distribusi Pemasaran.

Hasil perancangan tekstil ini sebagai berikut: 1) Perancangan ini menghasilkan pembaharuan desain motif yang menampilkan visual folklore Nyai Ageng Banoewati dan potensi alam daerah Bakaran berupa 8 desain motif baru yang lebih kreatif. 2) Perancangan ini diaplikasikan sebagai fashion wanita berupa blus untuk wanita usia 20-25 tahun.

Kata Kunci: Batik Bakaran, Fashion Wanita, Nyai Ageng Banoewati

           

 

ABSTRACT

 

Batik bakaran is believed to be a legacy of Majapahit which has a long history and interesting artistic potential. One of the uniqueness is having the distinctive color of inland batik but with typical coastal patterns or motifs such as marine products. Even so, Batik Bakaran is still arguably less popular than the traditional batik in other regions. So far, the development of this batik only limited on flora and fauna in the surrounding area, there are still not many who have developed Batik Bakaran with the source of the local folklore idea, namely Nyai Ageng Banoewati. The purpose of this development is to create Batik Bakaran products that are innovative, competitive, and have high product differentiation.

The design method begins with Problem Analysis, Problem Solving Strategies, Data Collection, Trials and Initial Design Ideas. Then proceed with the Colin Clipson Design Process in Nanang Rizali which goes through the stages of Problem Identification, Production Planning Analysis, Creative Process, Production Process and Marketing Distribution.

The results of this textile design are as follows: 1) This design results in a renewal of the motif design featuring the visual folklore of Nyai Ageng Banoewat and the natural potential of the Bakaran area in the form of 8 new, more creative motif designs. 2) This design is applied as women's fashion in the form of blouses for women aged 20-25 years.

Keywords: Batik Bakaran, Women Fashion, Nyai Ageng banoewati.

Keywords


Batik Bakaran, Women Fashion, Nyai Ageng banoewati.

References


Arifah A, Riyanto. 2003. Teori Busana. Bandung : Yapemdo Surakarta. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Nuha, AU. 2019. Peran Kelompok Batik Bakaran dalam Melestraikan Potensi Lokal di Desa Bakaran Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas islam Negeri Walisongo. Semarang.

Gitingger, mattiebelle. 1989. To Speak with Cloth – Studies in Indonesia Textiles. Los Angeles: University of California

Hapsari, A Dyah., Mohammad Iqbal. 2018. Analisis Segmentasi Pasar Fashion Wanita Berdasarkan Motif Pembelian dan Shopping Lifestyle. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 64 No. 2

Kartika, DS. 2007. Budaya Nusantara- Kajian Konsep Mandala dan Konsep Triloka/Buana terhadap Pohon Hayat Pada Batik Klasik. Bandung: Rekayasa Sains Bandung

Koentjaraningrat. 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka

Kurniadi, Edi. 1996. Seni Kerajinan Batik. Surakarta: UNS Press.

Kusrianto, Adi. 2014. Batik-Filosoli, Motif & Kegunaan. Jogjakarta : Penerbit Andi

Lisbijanto, Herry. 2013. Batik.Yogjakarta : Graha Ilmu

Meitasari, Dyah. 2009. Cerita Rakyat “Nyai Sabirah” di Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah. Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Musman, Asti dan Ambar B. 2011. Batik – Warisan Adiluhur Nusantara. Yogyakarta: G- Media.

Musman, Asti dan Ambar B. Arini. 2011. Batik Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta : Andi Offset

Prasetyo, Anindito. 2010. Batik Karya Agung Warisan Budaya Dunia. Yogyakarta: Pura Pustaka

Purwaningtyas, Nurina Enggar. Tri Widiarto., dan Wahyu Purwiyastuti. 2014. Potensi Batik Bakaran dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Pati. Jurnal of Histoy and Education Volume 16 No 3 (1-8)

Rizali, Nanang. 2012. Metode Perancangan Tekstil. Surakarta : UNS Press

____________. 2014. Nafas Islami dalam Batik Nusantara. Surakarta : UNS Press

____________. 2017. Tinjauan Desain Tekstil. Surakarta : UNS Press

Septiana, Ulfa. 2009. Kajian Pola Hias Batik Tradisi bakaran. Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Septiana, Ulfa. Yayan Sunarya., dan Achmad Haldani. 2013. Studi Komparatif antara Ragam Hias Batik Tradisional Bakaran dengan Ragam Hias Batik Keraton Surakarta. Jurnal of Visual art and Design Volume 5 No 1 (20-34)

Setyawan. 2013. Artefak Terakota Majapahit Sebagai Sumber Ide Pengembangan Desain Batik Majapahit. Laporan Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Supriyadi, Selamet. 2008. Pengembangan Model Revitalisasi Industri Batik Bakaran Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat sekitarnya Melalui program Pariwisata Budaya (Studi Kasus Seni Batik Tradisonal Bakaran di Kab. Pati). Laporan Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wulandari, Ari. 2011. Batik Nusantara Makna Filosofi, Cara Pembuatan, dan Industri Batik. Yogyakarta : CV. Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.33153/ornamen.v18i1.3697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tria Agusti Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ornamen
ISSN 1693-7724 (print)  | 2685-614X (online)

indexed by: