KAKANG KAWAH ADHI ARI-ARI DALAM KARYA BUSANA READY TO WEAR PRIA BATIK TULIS

Danang Priyanto

Abstract


Abstrak

Artikel yang berjudul “kakang kawah adhi ari-ari dalam karya busana ready to wear batik tulis” difokuskan pada proses cipta busana ready to wear pria dengan sumber ide konsep kelahiran pada budaya Jawa yakni kakang kawah adhi ari-ari. Ketertarikan pada konsep tersebut yang sudah mulai tidak dikenal di tengah masyarakat menjadi salah satu tujuan untuk memunculkan nilai-nilai sakral dan luhur yang terdapat pada konsep kakang kawah adhi ari-ari. Adapun Tujuan dari penciptaan ini adalah sebagai bentuk representasi nilai pada konsep Jawa kakang kawah adhi ari-ari sekaligus sebagai pengayaan karya batik melalui objek pengangkatan ide bersumber dari nilai yang tertuang dalam konsep kakang kawah adhi ari-ari. Analisis data yang digunakan menggunakan metode studi pustaka dan interpretasi. Langkah-langkah penciptaan meliputi  memanfaatkan metode penciptaan SP Gustami yakni eksplorasi, perancangan dan perwujudan. Konsep cipta dalam penciptaan karya menggunakan teori cipta Dharsono yakni reinterpretasi, ekspresi simbolik dan abstraksi simbolik.  Karya yang diciptakan berupa tiga buah karya busana ready to wear pria yang terdiri dari busana kemeja panjang, kemeja pendek, dan t-shirt. Adapun karya tersebut adalah “aku” yang memanfaatkan konsep cipta reinterpretasi, “kakangku” yang memanfaatkan konsep cipta ekspresi simbolik dan “adhiku” yang memanfaatkan konsep cipta abstraksi simbolik.

Kata kunci: Kakang kawah adhi ari-ari, busana ready to wear pria, batik.

 

Abstract

               The article entitled "kakang crater adhi ari-ari in ready-to-wear batik works" is themed on the process of creating ready-to-wear clothing with the source of the idea of the concept of birth in Javanese culture, namely kakang crater adhi ari-ari. Interest in the concept, which is already known in the community, is one of the goals to bring out the sacred and noble values contained in the concept of kakang crater adhi ari-ari. The purpose of this creation is as a form of value representation in the Javanese concepts of kakang adhi ari-ari as well as enrichment of batik works through ideas originating from ideng ideas in the kakang crater adhi ari-ari concept. Analysis of the data used using literature study and interpretation methods. The initial steps to utilize the method of making SP Gustami are exploration, design, and embodiment. The concept of copyright in the work uses Dharsono's theory of copyright, namely reinterpretation, symbolic expression and symbolic abstraction. The works made in the form of three pieces of ready-to-wear men's clothing consisting of long clothes, short shirts, and t-shirts. The works are "I" which utilizes the concept of copyright reinterpretation, "kakangku" which utilizes the concept of copyrighted symbolic expression and "Adhiku" which utilizes the concept of copyrighted symbolic abstraction.

Keywords: Kakang kawah adhi ari-ari, ready to wear men's clothing, batik.

Keywords


Kakang kawah adhi ari-ari, ready to wear men's clothing, batik.

Full Text:

PDF

References


Agus Sachari. Budaya Rupa. 2005. Jakarta: Erlangga.

Dharsono. 2007. Budaya Nusantara. Bandung: Rekayasa Sains.

. 2007. Kritik Seni. Bandung: Rekayasa Sains.

. 2017 Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Guntur. 2007. Kriya Dan Penciptaannya dalam Buku Kekriyaan Nusantara. Surakarta: ISI Surakarta Press.

Jakob Sumardjo, Estetika Paradoks, (Bandung: Sunan Ambu Press), 2006.

Koentjaraningrat. 1954. Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: New Haven.

Santosa Doellah. 2002. Batik Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Surakarta: Danar Hadi.

Soegeng Toekio. 2000. Rona Seni Di Celah Rentang Abad Ke-20. Surakarta: STSI Surakarta.

SP Gustami. 2004. Proses Penciptaan Seni Kriya. Yogyakarta: FSR ISI Yogyakarta.

. 2007. Butir-Butir Estetika Timur. Yogyakarta: Prasista.

Suwardjoko Probodinagoro Warpani. 2015. Pengantin Adat Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.




DOI: https://doi.org/10.33153/ornamen.v18i2.3702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Danang Priyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ornamen
ISSN 1693-7724 (print)  | 2685-614X (online)

indexed by: