LIDAH API SEBAGAI IDE DASAR PANCIPTAAN KERIS DENGAN PAMOR UNTU WALANG
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v19i1.4339Abstract
Api merupakan salah satu anasir kehidupan manusia dan merupakan simbol penggambaran atas nafsu. Konsep api juga lekat dalam budaya perkerisan. Bentuk lidah api dapat dikembangkan sebagai dasar penciptaan dhapur keris.
Tugas akhir kekaryaan ini bertujuan untuk: (1) eksplorasi desain bentuk dhapur keris baru, (2) mewujudkan karya keris dengan bentuk dhapur yang memvisualkan estetika bentuk lidah api berdasarkan desain terpilih. Estetika atau keindahan karya keris dapat diuraikan berdasarkan teori yang dicetuskan oleh Panembahan Hadiwijoyo tentang kriteria kelahiran sebuah keris yaitu mor-jo-si-ngun. Proses pembuatan karya keris menggunakan teknik tempa pamor. Bahan utama bilah adalah besi, baja dan nikel.
Tiga karya keris baru berhasil diciptakan, dengan nama dhapur Bahni Muntab luk-7, Simpar Dahana luk-5, dan Diptanala luk-3. Setiap karya yang dibuat mengandung makna sesuai judul dan terkait filosofi api. Karya keris yang memvisualkan keindahan bentuk lidah api ini dibuat sebagai simbol atas pengembaraan nafsu manusia dalam mencapai tujuan hidup.
Kata kunci: Api, keris, nafsu.
Downloads
References
Agus Sachari. 2011. Estetika Makna, Simbol dan Daya.,Bandung: Penerbit ITB
Bambang Harsrinuksmo. 1995. Pamor Keris. Jakarta: CV. Agung Lestari
___________________. 2008. Ensiklopedi Keris. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Basuki Teguh Yuwono. 2011. Keris Indonesia. Indonesia: Citra Sains LPKBN
____________________. 2011. Keris Naga. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Benny H. Hoed. 2014. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya, Edisi Ketiga. Depok: Komunitas Bambu
Eric Newton. “The Meaning of Beauty”, dalam The Liang Gie. 1996. Filsafat Keindahan. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna
F. W. Dilistone. 2002. Daya Kekuatan Simbol (judul asli: The Power of Symbols). Yogyakarta: Kanisius
Guntur. 2001. Teba Kriya. Surakarta: Artha-28
Haryono Haryoguritno. 2006. Keris Jawa Antara Mistik Dan Nalar. Jakarta : PT Indonesia Kebanggaanku
I Made Titib. 2003. Teologi dan Simbol-simbol dalam Agama Hindu. Surabaya: Paramita
Janmo Dumadi. 2011. “Mikul Dhuwur Mendem Jero”, Menyelami Falasafah dan Kosmologi Jawa. Jogjakarta: Pura Pusataka.
Koesni. 1979. Pakem Pengetahun Tentang Keris. Semarang: CV Aneka Ilmu
Moebirman.1980. Keris Senjata Pusaka. Jakarta: Yayasan Sapta Karya
MT Arifin. 2006. Keris Jawa. Jakarta: Hajied Pustaka.
Pande Wayan Suteja Neka dan Basuki Teguh Yuwono. 2010. Keris Bali Bersejarah. Bali: Yayasan Darma Seni
Ratri Fatmawati. 2009. Audit Keselamatan Kerja. Jakarta: Universitas Indonesia
S.P. Gustami. 2007. Butir-Butir Mutiara Estetika Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Yogyakarta: PRASISTA
Sri Soedewi Samsi. Teknik dan ragam hias batik Yogya dan Solo. Jawa Tengah: Yayasan Titian Masa Depan
Suwardi Endaswara. 2006. Mistik Kejawen: Sinkretisme, Simbolisme, dan Sufisme dalam Budaya Spiritual Jawa. Yogyakarta: Narasi
Wijayatno Waluyo. 1997. Dhapur. Jakarta : Yayasan Persaudaraan Penggemar Tosan Aji
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





