Kajian Visual Motif Batik Pada Gitar Produksi Batiksoul
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v20i1.4940Keywords:
Motif, Batik, Batiksoul, dan GitarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Latar belakang penciptaan batik pada gitar produksi Batiksoul; 2) Proses pembuatan batik pada gitar produksi Batiksoul; 3) Bentuk motif batik pada gitar produksi Batiksoul. Lokasi penelitian berada di Rumah produksi Batiksoul Jl. Guntur 19, RT 05 / RW 07, Ngenden, Banaran, Sukoharjo. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yang diperoleh yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan alur pengumpulan data, reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Analisis visual motif batik pada gitar produksi Batiksoul menggunakan pendekatan estetika. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Profil dan sejarah singkat Batiksoul. 2) Faktor yang mempengaruhi penciptaaan batik pada gitar. 3) Motif batik produksi Batiksoul dan pembuatan batik pada gitar produksi Batiksoul serta strategi pemasaran. 4) Bentuk visual motif batik pada gitar berupa motif Ikan Koi, motif Merak Manis, motif Cendrawasih Banyu Biru dan motif Kupu-kupu. Bentuk visual motif pada gitar produksi Batiksoul terdiri dari motif utama dan motif pendukung serta isen-isen dengan menerapkan konsep memproduksi secara terbatas atau limited quality tiap motif. Motif batik pada gitar produksi Batiksoul merupakan gubahan atau kombinasi dari motif tradisi dan motif kreasi baru yang memiliki nilai estetik. Motif batik pada gitar produksi Batiksoul secara keseluruhan mengandung tiga aspek keindahan mendasar yaitu wujud atau rupa suatu karya, bobot atau isi yang ingin disampaikan dan penampilan atau penyajian yang ditampilkan dalam karya.
Downloads
References
Djelantik. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Endik. (1986). Seni Membatik. PT. Safir Alam.
Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Rahayu, P. A. (2019). Ragam Hias Tradisional Jawa, Study Rekontruksi Visual Untuk Desain Kriya Kayu. Jurnal Brikolase, 11(1), 8. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/brikolase/article/view/2500/ 2422)
Sutopo. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. UNS Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.