Penciptaan Jarik dengan Sumber Ide Padu Muka Bale Rata Anjungan Keraton Kasunanan Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v21i1.5269Keywords:
Motif, Batik Tulis, Jarik, Padu Muka Bale RataAbstract
Artikel ini mengangkat judul Penciptaan Jarik dengan Sumber Ide Padu Muka Bale Rata Anjungan Keraton Kasunanan Surakarta. Padu muka bale rata merupakan motif yang ada di Anjungan Keraton Kasunanan Surakarta, lebih tepatnya motif ini berada di kompleks Kori Kamandungan. Bentuk visual dan struktur motifyang indah dan filosofi yang mendalam menambah ciri khas dan keunikan dari ragam hias tersebut. Penciptaan karya ini menggunakan unsur-unsur yang terdapat pada motif padu muka bale rata seperti motif utama yaitu motif kala dan motif makara kemudian motif pendukung yaitu motif simbar. Metode penciptaan yang digunakan adalah metode tiga tahap penciptaan yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. seperti penggalian ide, tema, konsep, bentuk, bahan, sketsa, desain, persiapan alat, bahan, warna dan teknik perwujudan karya, yang terakhir adalah finishing. Proses pembuatan karya diawali dari mempertimbangkan ukuran, bentuk motif, elemen motif, sketsa alternatif, sketsa terpilih, proses pembuatan karya sampai selesai. Karya yang diciptakan berjumlah lima buah kain batik atau jarik, masing-masing memiliki judul yaitu sebagai berikut. Karya 1 memiliki judul Motif Batik Mustaka Nagamara Mungkuri, Karya 2 Motif Batik Kala Sekar Ageng, Karya 3 Motif Batik Kala Rondhong Ngembyong, Karya 4 Motif Batik Nagamara Semembyar, Karya 5 Motif Batik Naga Marakala Pepeling.
Downloads
References
Asti, M., & Ambar B Arini. (2011). Batik Adiluhung Nusantara. CV Andi Offset.
Gustami, S. (2007). Butir-Butir Estetika Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Prasista.
Indrayana, B., & Guntur. (2009). Revitalisasi Ragam Hias Tradisional Gaya Mataram Dalam Pengembangan Desain Furnitur. Dewa Ruci, Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 6(1).
Prayogo, M. M. (2015). Keterampilan Membatik bagi Penyandang Autis: Study Kasus Pembelajaran Vokasional Adaptif di Sekolah Khusus Autis Fredofios. Tandabaca Press.
Primasari, O. N. (2022). Makna filosofis Kain Jraik Dalam Busana Adat Jawa-Cerita Kita. https://ceritakita.viva.co.id/fashion/33-makna-filosofis-kain-jarik-dalam-busana-adat-jawa-cerita-kita
Rahardjo, B. (2012, September). Sejarah Batik Indonesia. Gramedia Printing Group.
Riyanto, D. (1995). Proses Batik: Batik Tulis, Batik Cap, Batik Printing. CV. Aneka.
Daftar Narasumber
Dany Nur Adiningrat, K.P.H. (45 tahun), Wakil Pengageng Sasana Wilapa, Wakil Pengageng Museum Pariwisata Keraton Kasunanan Surakarta. Mangkubumen Wetan, Surakarta. Di Keraton Kasunanan Surakarta pada tanggal 27 Maret 2022 pukul 11.03 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Satria Raga Adi Wipaka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.