Anggrek Bulan Sebagai Sumber Ide Penciptaan Ayunan Tapestri
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v21i1.5278Keywords:
Anggrek Bulan, Ayunan, TapestriAbstract
Karya ini merupakan inovasi karya dengan teknik tapestri yang diterapkan pada produk mebel yaitu ayunan. Berdasarkan pengamatan penulis, terdapat banyak karya tapestri yang diterapkan pada karya seni dua dimensi, akan tetapi tidak pada karya tiga dimensi terutama pada karya ayunan. Adanya permasalahan tersebut mendorong penulis menciptakan karya ayunan dengan mengangkat tema anggrek bulan sebagai sumber inspirasi. Penciptaan karya ini merupakan ayunan yang memiliki 3 bagian yaitu tempat duduk gantung, penghubung, dan penyangga. Penulis merealisasikan bentuk anggrek bulan sebagai bentuk utama pada tempat dudukan,dan sebagai motif hias serta pada bagian penyangga ayunan dibuat menyerupai tangkai bunga anggrek bulan. Bahan utama pada karya ini adalah rotan,benang, dan besi. Penciptaan karya ini menggunakan pendekatan fungsional yaitu the function complex, menurut Victor Papanek dalam bukunya design for the real world yang menjelaskan 6 aspek tata kelola desain yang meliputi: metode (method), kegunaan (use), kebutuhan (need), telesis (telesis), asosiasi (association), dan estetika (aesthetics). Metode penciptaan karya ayunan tapestri menggunakan pendapat SP. Gustami yaitu tiga tahap enam langkah, tahapan tersebut meliputi tahap eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Hasil karya ini ada dua karya dengan judul Abyakta dan Upeksha.
Downloads
References
Ayhwien Chressetianto. (2013). Pengaruh Aksesoris dan Elemen Pembentuk Ruang terhadap Suasana dan Karakter Interior Lobi Hotel Artotel Surabaya. JURNAL INTRA, 1(1).
Bestari, N. (2022). Bunga Apa yang Dijuluki Puspa Bangsa, Puspa Pesona, dan Puspa Langka? Bobo.Id. https://bobo.grid.id/read/083240204/bunga-apa-yang-dijuluki-puspa-bangsa-puspa-pesona-dan-puspa-langka?page=all.
dan Astuti, N. (2022). JURNAL TEKNOLOGI BUSANA DAN BOGA Adaptasi Bunga Anggrek Bulan dengan Teknik Crochet sebagai Garniture pada Busana Pesta (Vol. 10, Issue 2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/index.
Eka, S. R. (2019). Modelisasi Kursi Gantung Dengan Penggabungan Hasil Deformasi Benda Geometri Ruang dan Kurva Beziier. Universitas Jember.
Ghozali dan Syaifuddin Zuhri Universitas Pembangunan Nasional, I., Timur Jl Rungkut Madya No, J., Anyar, G., Gn Anyar, K., & Surabaya, K. (n.d.). Elemen Dekorasi Arsitektur Masjid sebagai Komponen Daya Tarik pada Wisata Religi.
Gustami, S. (2007). Butir-Butir Estetika Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Prasista.
Julius, P., & Martin, Z. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Erlangga.
Nani, S., Fakultas, S., Rupa, S., & Desain, D. (n.d.). Produk Tradisional Sunda Sebagai Elemen Dekoratif Pada Desain Interior. www.kbbi.web.id/perabot.
Papanek, V. (1971). Design for the Real World: Human Ecology and Social Change. Pantheon Books.
Sulistiarini, D., & Djarwaningsih, T. (n.d.). Keanekaragaman Jenis-Jenis Anggrek Kepulauan Karimunjawa.
Daftar Narasumber
Ahmad, (23 Tahun), Petani Anggrek. Desa Nglurah RT 02/ RW 10, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
Pungki Pratama, (32 Tahun), Owner Pratama Rotan. Desa Trangsan RT 01/ RW 07, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
Yusuf Afandi, (31 Tahun), Pengrajin Rotan. Desa Gedongan RT 04/ RW 02, Kecamatan Baki, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Ajeng Nurhidayati Bukhori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.