Motif Wayang Beber Gaya Pacitan Pada Tas Wanita Berbahan Kulit Dan Tapestry
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v20i2.5487Keywords:
Wayang Beber, Tas Wanita, Dan TapestryAbstract
Motif Wayang Beber Gaya Pacitan Pada Tas Wanita Berbahan Kulit dan Tapestry, merupakan sebuah karya yang terispirasi dari motif Wayang Beber pada karya Wayang Beber dan pertunjukannya. Tujuan dari kekaryaan ini yaitu mensosialisasikan visual Wayang Beber Pacitan dengan cara menerapkan motif Wayang Beber Pacitan ke dalam karya tas. Landasan penciptaan karya ini mengacu pada 3 unsur estetika modern milik Monroe Beardsley yaitu; kesatuan, kerumitan, dan kesungguhan. Penciptaan karya ini dilakukan menggunakan teori SP Gustami yaitu metode “tiga tahap enam langkah penciptaan karya seni kriya”. Proses penciptaan karya dimulai dari tahap eksplorasi yaitu dengan melakukan pengamatan pada Wayang Beber, dilanjutkan tahap perancangan alternatif desain untuk dipilih sebagai motif hias yang diaplikasikan pada tas wanita dengan tapestry. Berikutnya merupakan teknik perwujudan penciptaan karya ini menggunakan teknik tatah sungging. Proses perwujudan karya diawali dengan proses pembuatan pola tas, pemotongan bahan, pemindahan motif hias pada pola tas, memahat kulit sesuai dengan motif, penyunggingan, proses pembuatan tapestry, menipiskan kulit, merakit pola tas, menjahit pola, pewarnaan tas, dan finishing. Penciptaan karya ini menghasilkan 2 tas wanita dengan judul; Sekartaji dan Naladerma. Dengan terciptanya karya tas wanita yang mengangkat Wayang Beber diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai Wayang Beber pada sebuah karya dapat juga diaplikasikan menjadi sebuah karya fungsional yang menarik.
Downloads
References
Ahmadi, A., Murfianti, F., & Candra, N. A. (2019). Penciptaan Ikon Baru Di Kabupaten Pacitan Melalui Desain Relief & Patung Wayang Beber Berbasis Seni Kriya Logam Sebagai Upaya Pelestarian Dan Peningkatan Industri Kreatif. Surakarta.
Budiono, W. S., Pudiastuti, W., & Orjiyati, D. (2018). Kriya Tekstil Untuk SMK Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Chenoune, F. (2005). Tas Carried Away: All About Bags. New York: Vendome Press.
Darmojo, K. W. (2011). Penerapan Motif Wayang Beber Pada Warangka Keris Sebagai Upaya Pengembangan Produk Guna Meningkatkan Apresiasi Masyarakat Terhadap Budaya Lokal. Surakarta.
Guntur. (2004). Ornamen Sebuah Pengantar. Surakarta: STSI Press.
Marwoto. (2009). Tema dan Amanat dalam Cerita Pendek Indonesia. Semarang: ALPRIN.
Paramita, P. (1981). Ringakasan Sejarah Wayang . Jakarta: Pradnya Paramita.
SP, S. (1990). Tinjauan Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sarana.
Sutriyanto. (2011). Ornamen. Surakarta: UPT. Penerbitan dan ISI Press.
Utomo, A. M. (2017). Dasar-dasar Desain & Produk. Denpasar: LP2MPP ISI Denpasar.
W., S. S. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press.
Wayan, A. (1985). Pokok-pokok Ilmu Jiwa Umum. Surabaya: Usaha Nasional.
Wibisana, B., & Hernawati, N. (2018). Mengenal Wayang. Klaten: PT. Intan Pariwara.
Yusuf, E. (1987). Seni Tenun. Jakarta: DDepartemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.