Menganalisis Bentuk Desain Ornamen pada Kostum Tari Remo Gaya Surabayan dengan Estetika Objektif
DOI:
https://doi.org/10.33153/ornamen.v21i1.6005Keywords:
Estetika Objektif, Seni Desain, Seni Ornamen, Kerajinan TanganAbstract
Tari Remo merupakan salah satu kebudayaan tari yang tidak asing di telinga orang Indonesia termasuk pada Kota Surabaya, Jombang, dan seterusnya. Tari tersebut memiliki keterikatan sejarah dengan ludruk. Kostum tari remo tersebut pada zaman dulu hanya menggunakan hem panjang berwarna putih dan celana hitam saja, namun semakin berkembang dari masa ke masa kostum tari remo menjadi terlihat menarik dengan adanya ornamen yang ada pada busana kostum tari remo. Jenis – jenis kostum tari remo yaitu: Kostum Gaya Surabayan, Gaya Sawunggalingan, Gaya Malangan, dan Gaya Jombangan. Peneliti tertarik pada penelitian Kostum Tari Remo Gaya Surabayan. Hingga penelitian ini lebih memfokuskan kepada “Menganalisis Bentuk Desain Ornamen pada Kostum Tari Remo Gaya Surabayan dengan Estetika Objektif” meliputi pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis reduksi data, analisis naratif, dan analisis konten. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan materi audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain ornamen kostum Tari Remo Gaya Surabayan memiliki `berbagai motif kembangan yang memiliki makna tersendiri. Makna pada motif Kembangan tersebut yaitu sebagai sumber kehidupan, simbol daya hidup manusia, dan sebagai simbol bumi untuk kehidupan Maka, pada makna bentuk ornamen kostum tersebut yang mendorong peneliti untuk penelitian tentang “Kostum Tari Remo Gaya Surabayaan”, sebelum pemaknaan tradisi semakin hilang dan tidak dikenali lagi oleh generasi penerus.
Downloads
References
Ahmad, A. S. E. (2021). Kritik Sejarah Batik Sidorajo. Jurnal Seni Rupa Gorga, 10(1).
Cendani, M. R. (2012). Buku Visual Tari Remo Surabayan Sebagai Media Pendukung Hak Paten Kesenian Khas Surabaya. 031.
Eaton, M. M. (2010). Persoalan - Persoalan Dasar Estetika. Salemba Humanika.
Ginting, E. Y., Rudiyanto, G., & Hutama, K. (2021). Bentuk, Ornamen Dan Makna Pada Cincin Tapak Gajah Tradisional Karo. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.25105/jsrr.v3i2.9431
Junaedi, D. (2016). Estetika Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai. ArtCiv.
Luhur, L. V. (2020). Bentuk Ragam Hias Pada Aksesoris Pakaian Adat Tarian Caci Di Desa Nenu Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai Tengah Nusa Tenggara Timur. Racana: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(2), 1–9.
Naura Hendriana, H., Faidah, M., & KPritasari, O. (2020). Kajian Bentuk, Makna Kreatifitas Pada Tata Rias Dan Busana Tari Sparkling Surabaya, Jawa Timur. 09, 53–58.
Sumardjo, J. (2000). Filsafat Seni (I. T. Bandung (ed.)).
Wardhani, S., & Giarto, A. (2019). Perancangan Visual Book Tari Remo Gaya Surabayan. 1–14.
Wibisono, T. B. (2015). Tari Ngremo Catatan Dari Panggung ke Panggung. Dewan Kesenian Propinsi Jawa Timur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Lintang Prameswari Intan Ningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Ornamen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.