Menganalisis Bentuk Desain Ornamen pada Kostum Tari Remo Gaya Surabayan dengan Estetika Objektif

Authors

  • Dewi Lintang Prameswari Intan Ningrum Prodi Pendidikan Seni rupa Fakultas Keguruan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

DOI:

https://doi.org/10.33153/ornamen.v21i1.6005

Keywords:

Estetika Objektif, Seni Desain, Seni Ornamen, Kerajinan Tangan

Abstract

Tari Remo merupakan salah satu kebudayaan tari yang tidak asing di telinga orang Indonesia termasuk pada Kota Surabaya, Jombang, dan seterusnya. Tari tersebut memiliki keterikatan sejarah dengan ludruk. Kostum tari remo tersebut pada zaman dulu hanya menggunakan hem panjang berwarna putih dan celana hitam saja, namun semakin berkembang dari masa ke masa kostum tari remo menjadi terlihat menarik dengan adanya ornamen yang ada pada busana kostum tari remo. Jenis – jenis kostum tari remo yaitu: Kostum Gaya Surabayan, Gaya Sawunggalingan, Gaya Malangan, dan Gaya Jombangan. Peneliti tertarik pada penelitian Kostum Tari Remo Gaya Surabayan. Hingga penelitian ini lebih memfokuskan kepada “Menganalisis Bentuk Desain Ornamen pada Kostum Tari Remo Gaya Surabayan dengan Estetika Objektif” meliputi pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis reduksi data, analisis naratif, dan analisis konten. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan materi audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain ornamen kostum Tari Remo Gaya Surabayan memiliki `berbagai motif kembangan yang memiliki makna tersendiri. Makna pada motif Kembangan tersebut yaitu sebagai sumber kehidupan, simbol daya hidup manusia, dan sebagai simbol bumi untuk kehidupan Maka, pada makna bentuk ornamen kostum tersebut yang mendorong peneliti untuk penelitian tentang “Kostum Tari Remo Gaya Surabayaan”, sebelum pemaknaan tradisi semakin hilang dan tidak dikenali lagi oleh generasi penerus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. S. E. (2021). Kritik Sejarah Batik Sidorajo. Jurnal Seni Rupa Gorga, 10(1).

Cendani, M. R. (2012). Buku Visual Tari Remo Surabayan Sebagai Media Pendukung Hak Paten Kesenian Khas Surabaya. 031.

Eaton, M. M. (2010). Persoalan - Persoalan Dasar Estetika. Salemba Humanika.

Ginting, E. Y., Rudiyanto, G., & Hutama, K. (2021). Bentuk, Ornamen Dan Makna Pada Cincin Tapak Gajah Tradisional Karo. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.25105/jsrr.v3i2.9431

Junaedi, D. (2016). Estetika Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai. ArtCiv.

Luhur, L. V. (2020). Bentuk Ragam Hias Pada Aksesoris Pakaian Adat Tarian Caci Di Desa Nenu Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai Tengah Nusa Tenggara Timur. Racana: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(2), 1–9.

Naura Hendriana, H., Faidah, M., & KPritasari, O. (2020). Kajian Bentuk, Makna Kreatifitas Pada Tata Rias Dan Busana Tari Sparkling Surabaya, Jawa Timur. 09, 53–58.

Sumardjo, J. (2000). Filsafat Seni (I. T. Bandung (ed.)).

Wardhani, S., & Giarto, A. (2019). Perancangan Visual Book Tari Remo Gaya Surabayan. 1–14.

Wibisono, T. B. (2015). Tari Ngremo Catatan Dari Panggung ke Panggung. Dewan Kesenian Propinsi Jawa Timur.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles