Pemanfaatan Kulit Brambang dan Kayu Mahoni Sebagai Pewarna Alam dengan Teknik Ecotik

Authors

  • Yuliana Kamelia Putri Prodi Kriya Seni, FSRD. UNS Surakarta
  • Darwoto

Keywords:

Ecoprint, Batik, Kulit brambang, Tanaman sekitar, Sragen

Abstract

Pemanfaatan limbah kulit brambang dan kayu mahoni sebagai pewarna dengan teknik ecoprint dan batik merupakan salah satu upaya agar dapat menjaga lingkungan, Tujuan dan manfaat perancangan adalah penggabungan dua teknik kekriyaan dan mewujudkan produk tekstil yang ramah lingkungan. Perancangan karya ini menggunakan metode SP.Gustami yaitu tiga tahap enam langkah. Tahap pertama yaitu eksplorasi dengan langkah pertama melakukan observasi dan wawancara, langkah kedua pendalam teori. Tahap kedua adalah perancangan yang meliputi langkah ketiga dalam penuangan ide perancangan dan menentukan gaya motif yang akan digunakan, langkah ke empat yaitu mengvisualisasikan ide atau gagasan. Tahap ketiga yaitu perwujudan meliputi langkah kelima dengan merealisasikan ide perancangan, proses pembuatan produk sampai produk dapat dinikmati, dan langkah ke enam yaitu mengevaluasi hasil karya yang telah jadi. Pemanfaatan limbah kulit brambang sebagai pewarna dan penggunaan kulit jagung serta Tanaman disekitar (daun jati, daun mahoni, cemara rambut, dan kayu mahoni) dalam pembentukan motif dan pewarna alam dengan teknik ecoprint steam (Kukus) dan menghasilkan karya yang ramah lingkungan dan mengurangi limbah yang ada. Pemanfaatan kulit brambang sebagai pewarna ecoprint dan batik dapat menghasilkan warna hijau muda sampai tua sedangkan pewarna alami dari tanaman disekitar yaitu kayu mahoni menghasilkan warna semu ungu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eniza Rukyatul Fitri, & Adriani. (2022). Pembuatan Ekstrak Pewarna Alam Kayu Mahoni Untuk Benang Songket Di Studio Pinankabu Canduang Kabupaten Agam. Relief: Journal of Craf, 2(1), 33–37.

Hartono, L. , & M. (2020). Gajah Purba Sebagai Ide Pengembangan Motif Batik Sragen. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 41–54.

Kifti, W. M. , R. E. , & Risnawati. (2022). Menerapkan Eco Print dalam Membuat Batik Ramah Lingkungan Oleh Ibu-Ibu DWP Dinas PUPR Kab Asahan. . Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 67–72.

Naini, U. (2021). Jurnal Ekspresi Seni Penciptaan Tekstil Teknik Ecoprint dengan Memanfaatkan Tumbuhan Lokal Gorontalo. Jurnal Ekspresi Seni, 266–276.

Nilamsari. (2018). Uji Coba Pewarna Alami Campuran Buah Secang dan Daun Mangga Pada Kain Katun Prima. Jurnal Seni Rupa, 839–847.

Oktaviani, D. D. (2022). Kolaborasi Konsep Imajinasi Kreatif dan Intelektual dalam Adaptasi Pengembangan Media Film. Rekam, 18(2), 175–182.

Oktaviani, D. D. (2024). Aksesibilitas Kaum Inklusif Disabilitas Batik Ciprat Rumah Kinasih dengan Kreativitas Penciptaan Busana Karnaval. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(3). https://doi.org/10.26874/jakw.v5i3.559.

Purnama Dewi, N., Agus Mayuni, P., Ayu Made Budhyani, D., & Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, P. (2023). Eksperimen Teknik Ecoprint dengan Daun Jarak Kepyar Pada Kain Rayon. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 14(3). https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i3.65879.

Rosyida, A., Zulfiya, A., Kimia Tekstil, P., Teknologi Warga Surakarta, A., Muhammadiyah Magelang Jl Raya Solo Baki Km, U., & Baru -Sukoharjo, S. (2013). Pewarnaan Bahan Tekstil dengan Menggunakan Ekstrak Kayu Nangka dan Teknik Pewarnaannya untuk Mendapatkan Hasil yang Optimal. In Jurnal Rekayasa Proses (Vol. 7, Issue 2).

SP Gustami. (2007). Butiran-butiran Mutiara Estetika Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Prasista.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles