Gotong Royong Literasi: Praktik Budaya Komunitas Dalam Pengelolaan Taman Baca Di Nagari Sipangkur
Main Article Content
Abstract
Di Nagari Sipangkur, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, taman baca adalah salah satu fasilitas pendidikan yang sangat membantu menumbuhkan minat baca anak-anak. Taman baca bergantung pada pengelola dan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari cara-cara di mana masyarakat bekerja sama untuk mengelola taman baca dan bagaimana hal itu berdampak pada perkembangan anak-anak. Penelitian ini kualitatif, menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat, terutama orang tua, turut berkontribusi dalam berbagai cara, seperti memberikan iuran secara sukarela, memberikan snack untuk anak-anak saat kegiatan berlangsung, dan mengelola taman baca setiap minggu. Kegiatan sukarela seperti ini juga tercatat sebagai bentuk inisiatif warga dalam membangun pusat literasi komunitas. Bentuk kerja sama ini menunjukkan semangat kerja sama untuk mendukung pendidikan anak-anak di lingkungan mereka. Kesimpulannya, keterlibatan masyarakat sangat penting untuk mempertahankan taman baca dan meningkatkan literasi anak-anak. Untuk membuat program ini lebih berkelanjutan, pemerintah dan organisasi sosial harus mendukungnya lebih banyak lagi.