Strategi Promosi Wisata Budaya: Video Jelajah Anjungan Bali Berbahasa Mandarin Dengan Teknik Voice Over

Authors

  • Naurah Naurah Rabbani Universitas Jenderal Soedirman
  • Destyanisa Tazkiyah
  • Bagus Reza Hariyadi

Keywords:

pariwisata, metode komunikatif, voice over, video jelajah, wisata buatan

Abstract

Anjungan Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Tempat wisata ini memrepresentasikan Pulau Dewata, Bali Indonesia. Artikel ini membahas pembuatan media promosi berbahasa Mandarin Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah yang ditujukan untuk wisatawan mancanegara khususnya wisatawan penutur bahasa Mandarin. Anjungan Bali belum menyediakan konten media promosi berbahasa Mandarin, sehingga membuat kurang tersebar luasnya informasi mengenai tempat wisata ini bagi para wisatawan mancanegara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, jelajah internet dan studi pustaka. Metode yang digunakan penulis dalam penerjemahan naskah video adalah metode penerjemahan komunikatif, metode tersebut menyesuaikan bahasa sumber dengan bahasa sasaran agar video jelajah tersebut dapat mudah dimengerti oleh wisatawan penutur bahasa Mandarin. Selanjutnya digunakan teknik voice over atau perekaman suara untuk pembuatan video promosi. Hasil berupa video jelajah berbahasa Mandarin disebarluaskan melalui media sosial Instagram dan Weibo milik Anjungan Bali. Dengan adanya video tersebut dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan penutur bahasa Mandarin agar dapat berkunjung ke Anjungan Bali Taman Mini Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Naurah Rabbani, N., Tazkiyah, D., & Hariyadi , B. R. (2025). Strategi Promosi Wisata Budaya: Video Jelajah Anjungan Bali Berbahasa Mandarin Dengan Teknik Voice Over. Jurnal Pariwisata Dan Budaya (RANATAYA), 1(1), 25–33. Retrieved from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/ranataya/article/view/7334