PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TEMBANG DOLANAN ANAK-ANAK VERSI BAHASA JAWA

Elis Noviati

Abstract


Penelitian tentang penguatan pendidikan karakter pada anak-anak melalui pengenalan lagu dolanan anak-anak versi Jawa ini menarik untuk dilakukan sebagai solusi untuk menanamkan pendidikan karakter yang tangguh pada anak-anak. Pengenalan lagu dolanan anak-anak dirasa sebagai sarana yang tepat untuk membangun pondasi yang kokoh untuk anak-anak sejak awal. Dalam lagu dolanan anak-anak memiliki pesan moral yang baik untuk membentuk karakter anak yang tangguh. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah jenis-jenis lagu dolanan anak versi bahasa Jawa apa saja yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter pada Anak-Anak dan bagaimana mengimplementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui lagu dolanan anak-anak versi bahasa Jawa. Adapun tujuan penelitian adalah mendeskripsikan jenis- jenis lagu dolanan anak versi bahasa Jawa yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter pada anak-anak dan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui lagu dolanan anak-anak versi bahasa Jawa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Pendekatan analisis pustaka dan kaji-tindak menjadi strategi pada penelitian mengenai naskah lagu dolanan anak-anak versi bahasa Jawa. Dengan analisis pustaka, dapat ditemukan pendidikan karakter yang bersumber dari lagu dolanan anak-anak dalam versi bahasa Jawa. Adapun hasil penelitian ini adalah mengiventarisasi lagu dolanan anak-anak yang memiliki nilai pendidikan karakter dan mengimplementasikan langsung kepada anak-anak.

Full Text:

PDF

References


Ariesta, Fredy Widya, 2020. Nilai Moral Dalam lagu Cublak Cublak Suweng. Makalah Doni, Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia

Elis Noviati. 2016. Eksistensi Nilai-Nilai Tembang Macapat di Kalangan Anak Muda (Upaya Filterisasi Modernisasi Budaya Barat). Penelitian DIPA ISI Surakarta : Tidak Dipublikasikan .

Fauziyah, U.2011. Simbol dan Makna Kebangsaan Dalam Lirik Lagu Dolanan Di Jawa Tengah dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Lingua : Jurnal Bahasa dan Sastra. Volume VII

Guntur. 2010. Menuju Sarjana Sujaning Budi. Pendidikan Karakter di Institut Seni Indonesia Surakarta. P3AI. Surakarta: ISI Surakarta.

Hartiningsih, Sutji.2015. Revitalisasi Lagu Dolanan Anak dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. ATAVISME, Vol. 18, No. 2, Edisi Desember 2015: 247—259

Megawangi, Ratna. 2010. Membangun Karakter Anak melalui Brain-based Parenty (Pola Asuh) Ramah Otak Indonesia.Heritage Foundation.

Miles, M.B. dan Huberman A.M. 1984. Qualitative data analysis: A sourcebook of a new methods. Berverly Hills Sage Publication

Muljono, Untung. 2017. Tembang (lagu) Dolanan Anak sebagai Inspirasi Penciptaan Tarian Anak. Journal isi.ac.id.

Muklasin, Ahmad. 2019. Pendidikan Karakter Pemimpin Melalui Tembang Dolanan (Analisis Tembang Lir-Llir Karya Sunan Kali Jaga. Jurnal Warna Volume 3 No 1 Juni 2019.

Maryaeni. Kajian Tembang Dolanan dan Implikasinya dalam Pendidikan Budi Pekerti Anak Bangsa pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran, volume 16, nomor 2, oktober 2009

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rosmiati, Ana. 2014. Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia

Dini Melalui Lirik lagu Dolanan. Jurnal Resital, Vol 15, No 1.

Soemaryatmi. 2010. Pendidikan Karakter”Melalui Model Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Koreografi. ISI Press: Surakarta.

Suprayogi. Adi. Fenomena Lagu Dolanan “Gundul-Gundul Pacul” dalam Pendidikan Karakter Anak Dan Ranah Sosial . Jurnal Emaji Vol. 16, No. 2, Oktober 2018: 109 - 117. Titin Masturoh, dkk.2015. Model Cerita Binatang Bergambar Sebagai Apresiasi Relief Candi Borobudur dan Sarana

Pendidikan Budi Pekerti. Penelitian Hibah Bersaing. Syafi’ul Huda, Muhammad. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tembang Dolanan Jawa Lir-Llir, Sluku-Sluku Bathok, dan Gundul-Gundul Pacul. Skripsi .

Sudaryanti dan Joko Pamungkas. 2012. “Fenomena Lagu Dolanan “Gundul-Gundul Pacul” dalam Pendidikan Karakter Anak dan Ranah Sosial. Makalah

Triyono, Bramantyo. 2000. Lagu Dolanan Anak. Yogya: Tarawang Press. Wahyuningsih, Sri. 2009. Permainan Tradisional. Bandung: PT Sandiarta Sukses. Wahyuningsih, Sungkawati Kardi. “Analisis Pendidikan Karakter Dalam Lagu Dolanan

Anak”. Makalah diakses pada tanggal 10 Oktober 2020.

Aqib Zainal, Sujak, 2011, Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Bandung: CV. Yrama Widya

Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa.

Bandung: CV. Yrama Widya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.