“Pelatihan Koreografi” Sebagai Pendidikan Apresiasi Seni Bagi Siswa SMA N 7 Surakarta

Authors

  • Soemaryatmi Soemaryatmi

DOI:

https://doi.org/10.33153/abdiseni.v1i1.45

Abstract

Pendidikan seni di sekolah sebaiknya diberikan dengan pendekatan apresiasi. Pendidikan seni dengan pendekatan apresiasi dimaksud untuk menumbuhkan minat dan apresiasi siswa untuk menghargai dan menikmati seni, merangsang kemampuan berseni, serta memanfaatkan pengalaman estetiknya dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan Koreografi (menata gerak) tingkat dasar sebagai upaya pendidikan dalam bidang apresiasi seni. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Surakarta yang dipandang siswanya mempunyai potensi seni. Fenomena yang ada, sejumlah sekolah didapati kondisi yang masih memprihatinkan. Misalnya, kemampuan sekolah dalam menyediakan guru pendidikan seni sesuai bidangnya rata-rata amat langka. Di sekolah jarang tersedia lebih dari satu guru bidang seni. Begitu juga ketersediaan sarana dan prasarana, buku-buku pegangan, dan referensinya masih minim. Hal tersebut mencerminkan bahwa peran sekolah pada umumnya dalam pendidikan seni belum berfungsi secara efektif dan maksimal.Keyword : Koreografi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-18

Issue

Section

Articles