KREATIVITAS PEDALANGAN DI SANGGAR SEKAR JAGAD DALAM UPAYA MEMPERKUAT SANGGAR SEBAGAI PELOPOR PENGGERAK KESENIAN MASYARAKAT SUKOHARJO

Jaka Rianto

Abstract


Sanggar Sekar Jagad telah memiliki satu perangkat gamelan slendro pelog, boneka wayang satu kotak,
dan tempat latihan yang cukup luas. Akan tetapi, sampai saat ini sanggar belum memiliki pelatih tetap. Para
siswa belajar dengan bimbingan dari pelatih yang sukarela datang. Apabila tidak ada pelatih maka para
siswa belajar mandiri dengan melihat rekaman audio visual pertunjukan wayang. Berdasarkan permasalahan
sanggar tersebut maka diadakan pelatihan dari dosen. Metode pelatihan yang digunakan berupa ceramah,
apresiasi, dan demonstrasi. Berdasarkan metode tersebut maka pelatihan yang berlangsung selama 42 kali
dapat dikatakan berhasil. Siswa sangggar Sekar Jagad dapat menguasai vokabuler sabet, catur, dan
iringan yang diberikan oleh pelatih.
Kata kunci: Sanggar, Sekar Jagad, pertunjukan wayang, pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Harijadi Tri Putranto, 2006. “Laporan Kegiatan Pembinaan Sanggar Pedalangan di Wilayah Surakartaâ€, Jurusan Pedalangan ISI Surakarta.

Subono, Blacius. 2006. “Garap Pakeliran Karawitan Padatâ€. Makalah disajikan dalam semiloka konsep Garap Pakelioran Padat ISI Surakarta.

Purba Asmoro. 2013. Sesaji Raja Suya. Jakarta: PT Suburmitra Grafistana.

Anom Suroto. 2004. Naskah Pakeliran Rimgkas Adon-adon Rajamala. Surakarta: STSI Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33153/abdiseni.v7i2.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Abdi Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2087-1759                           ISSN ONLINE: 2723-2468           

                             

 

Abdi Seni Indexed by: