KREATIVITAS PEDALANGAN DI SANGGAR SEKAR JAGAD DALAM UPAYA MEMPERKUAT SANGGAR SEBAGAI PELOPOR PENGGERAK KESENIAN MASYARAKAT SUKOHARJO

Main Article Content

Jaka Rianto

Abstract

Sanggar Sekar Jagad telah memiliki satu perangkat gamelan slendro pelog, boneka wayang satu kotak,dan tempat latihan yang cukup luas. Akan tetapi, sampai saat ini sanggar belum memiliki pelatih tetap. Parasiswa belajar dengan bimbingan dari pelatih yang sukarela datang. Apabila tidak ada pelatih maka parasiswa belajar mandiri dengan melihat rekaman audio visual pertunjukan wayang. Berdasarkan permasalahansanggar tersebut maka diadakan pelatihan dari dosen. Metode pelatihan yang digunakan berupa ceramah,apresiasi, dan demonstrasi. Berdasarkan metode tersebut maka pelatihan yang berlangsung selama 42 kalidapat dikatakan berhasil. Siswa sangggar Sekar Jagad dapat menguasai vokabuler sabet, catur, daniringan yang diberikan oleh pelatih.Kata kunci: Sanggar, Sekar Jagad, pertunjukan wayang, pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Harijadi Tri Putranto, 2006. “Laporan Kegiatan Pembinaan Sanggar Pedalangan di Wilayah Surakartaâ€, Jurusan Pedalangan ISI Surakarta.

Subono, Blacius. 2006. “Garap Pakeliran Karawitan Padatâ€. Makalah disajikan dalam semiloka konsep Garap Pakelioran Padat ISI Surakarta.

Purba Asmoro. 2013. Sesaji Raja Suya. Jakarta: PT Suburmitra Grafistana.

Anom Suroto. 2004. Naskah Pakeliran Rimgkas Adon-adon Rajamala. Surakarta: STSI Surakarta.