PELATIHAN TARI SEBAGAI DASAR KREATIFITAS DALAM BERMAIN WAYANG ORANG DI SANGGAR “KRIDHOBUDOYO” SEMANGGI SURAKARTA

Main Article Content

Mamik Widyastuti

Abstract

Pelatihan gerak dasar tari dan tari kreasi tradisi sebagai basis kreativitas anak dalam bermain di "wayangorang" di galeri seni tradisi "Kridho Budoyo" Silir, Kecamatan Semanggi, Kecamatan Pasarkliwon, KotaSurakarta, ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam upaya mengeksekusi " Tridarma"Universitas di Item ketiga yang dedikasi untuk masyarakat. Kegiatan bentuk dedikasi ini, itu adalahpelatihangerak dasar tari tradisi dan tari kreasi. Item ditentukan dengan harapan setelah menyelesaikan pelatihansiswa dapat bermain di "wayang orang", dan bisa menari kreasi. item gerak tari ditentukan oleh bawahdarigagasan bahwa peserta baru dari pelatihan sedikit saham beberapa / sedikit bermain "wayang orang", agartidak bosan dalam menerima gerak dasar maka kita memberikan kreasi tari soyong. Prinsip utama darikegiatan pelatihan ini adalah untuk membuat siswa dalam galeri seperti "wayang orang". Upaya yangmelibatkan semua siswa di galeri menjadi pemain "wayang orang (wayang bocah)". Untuk dapat membuatsiswa memiliki semangat untuk latihan, menentukan metode studi praktis dan dapat membuat siswa memilikisemangat untuk latihan. Dalam pelaksanaannya situasi belajar dan kondisi psikologi siswa menjadi prioritasutama. Hal ini diharapkan mahasiswa dapat mengikuti pelatihan nyaman dan serius. Hasil yang telah dicapai,acara "wayang bocah" untuk festival pada 13 Agustus dengan cerita "Lawa kusa" dan tari kreasi yangsoyong tari pada 29 Agustus 2015.Kata kunci: Gerak Tari "Wayang Orang".

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Benny Agus Pribadi dan Dewi Padmo Putri2001. Ragam Media dalam Pembelajaran,

PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Mungkin Eddy Wibawa, 2001. Etika dan Moral Dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional,.

Paulina Pannen, dkk. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal PendidikanTinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Prasetyo Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 1997.

Suryandoro, Drs. 1998. Dewi Shinta “Cempala†Jagad Pedalangan dan Pewayangan edisi Shinta Kesucian dan Harga Diri Dewi

Sinta. Majalah PEPADI, ISSN: 1410-0959.

Toeti Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra.1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional,.