PELATIHAN TARI SEBAGAI DASAR KREATIFITAS DALAM BERMAIN WAYANG ORANG DI SANGGAR “KRIDHOBUDOYO” SEMANGGI SURAKARTA

Authors

  • Mamik Widyastuti Jurusan Seni Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/abdiseni.v7i2.1865

Abstract

Pelatihan gerak dasar tari dan tari kreasi tradisi sebagai basis kreativitas anak dalam bermain di "wayang
orang" di galeri seni tradisi "Kridho Budoyo" Silir, Kecamatan Semanggi, Kecamatan Pasarkliwon, Kota
Surakarta, ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam upaya mengeksekusi " Tridarma
"Universitas di Item ketiga yang dedikasi untuk masyarakat. Kegiatan bentuk dedikasi ini, itu adalahpelatihan
gerak dasar tari tradisi dan tari kreasi. Item ditentukan dengan harapan setelah menyelesaikan pelatihan
siswa dapat bermain di "wayang orang", dan bisa menari kreasi. item gerak tari ditentukan oleh bawahdari
gagasan bahwa peserta baru dari pelatihan sedikit saham beberapa / sedikit bermain "wayang orang", agar
tidak bosan dalam menerima gerak dasar maka kita memberikan kreasi tari soyong. Prinsip utama dari
kegiatan pelatihan ini adalah untuk membuat siswa dalam galeri seperti "wayang orang". Upaya yang
melibatkan semua siswa di galeri menjadi pemain "wayang orang (wayang bocah)". Untuk dapat membuat
siswa memiliki semangat untuk latihan, menentukan metode studi praktis dan dapat membuat siswa memiliki
semangat untuk latihan. Dalam pelaksanaannya situasi belajar dan kondisi psikologi siswa menjadi prioritas
utama. Hal ini diharapkan mahasiswa dapat mengikuti pelatihan nyaman dan serius. Hasil yang telah dicapai,
acara "wayang bocah" untuk festival pada 13 Agustus dengan cerita "Lawa kusa" dan tari kreasi yang
soyong tari pada 29 Agustus 2015.
Kata kunci: Gerak Tari "Wayang Orang".

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benny Agus Pribadi dan Dewi Padmo Putri2001. Ragam Media dalam Pembelajaran,

PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Mungkin Eddy Wibawa, 2001. Etika dan Moral Dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional,.

Paulina Pannen, dkk. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal PendidikanTinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Prasetyo Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 1997.

Suryandoro, Drs. 1998. Dewi Shinta “Cempala†Jagad Pedalangan dan Pewayangan edisi Shinta Kesucian dan Harga Diri Dewi

Sinta. Majalah PEPADI, ISSN: 1410-0959.

Toeti Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra.1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional,.

Downloads

Published

2017-06-12

Issue

Section

Articles