PEMBINAAN DALANG CILIK DI SANGGAR PEPADI KABUPATEN KARANGANYAR MERUPAKAN WADAH UNTUK MENJAGA WAYANG KULIT TETAP LESTARI
DOI:
https://doi.org/10.33153/abdiseni.v7i2.1873Abstract
Pembinaan bakat dalam seni pedalangan pada anak usia dini adalah pembentukan karakter untuk anakanak, sebagai artis Dalang potensial. Pembinaan bakat disalurkan dalam ekspresi seni pedalangan sertapembangunan karakter bagi calon seniman dalang. Berkaitan dengan sistem pembelajaran bagi anak-anakberbakat, Dewan Pepadi memiliki misi dan visi yang item yang sangat mulia, yaitu untuk mencerdaskanbangsa sesuai dengan bakat generasi Dalang Pewaris muda. papan Karanganyar Pepadi dengan misi iniakan memberikan pelatihan dan pada briefing yang sama pada konsep pakeliran Terdiri dan solid untukDalang muda usia 10-15 tahun. Dengan tujuan, sehingga dalang kecil dalam menghadapi Little gelarBudaya Dalang Mei 2015 di Karanganyar, benar-benar memahami dan menguasai semua elemen yangterkandung dalam pakeliran. Jadi untuk dalang kecil yang sudah mulai mendapatkan pasar di masyarakatbaik di tingkat nasional dan internasional lebih sadar akan konsep dasar yang terkandung dalam ringkasandan rancangan pakeliran Terdiri dan pakeliran Solid. Pengembangan bidang pedalangan terutama untukanak-anak sehingga Diperlukan untuk perhatian serius, mengingat meningkatnya jumlah anak-anak yangjauh dan tidak tahu ownculture tersebut. Perlu tradisi kegiatan apresiasi seni melalui tas seni sebagai wadahuntuk kepentingan anak dan bakat di bidang puppetry.Throughart sedikit judul kegiatan Dalang sebagaisalah satu acara untuk mengakomodasi berbagai kreativitas anak-anak untuk menumbuhkan rasapersaudaraan, Meningkatkan minat dan bakat dan motivasi sehingga anak-anak mampu bersosialisasidengan Ulasan rekan-rekan mereka, sehingga mereka dapat belajar seni karya wayang dari berbagaigaya. Hal ini juga ingin mengetahui dan Mendapatkan data sebagai pembinaan tindak lanjut danpengembangan seni anak-anak wayang di masa depan. Berdasarkan kondisi pembelajaran di Pepadistudio,dapat diusulkan beberapa masalah item mendasar, yaitu: Cara Menyelaraskan teknik pembelajaranberdasarkan usia anak-anak yang memiliki bakat untuk seni pedalangan? Bagaimana cara memberikanpembelajaran yang sistematis agar cepat intervensi Ditangkap dan mudah dimengerti? Metode yangdigunakan dalam pembinaan dalang Dalang anak atau anak-anak yang bertempat di studio adalahpenghargaan pertama Pepadi dan diskusi, serta demonstrasi. metode apresiasi serta diskusi dengan tujuanuntuk merangsang semangat peserta untuk mengeksplorasi dan menguasai materi yang diberikan. Kedua,bentuk diskusi yang dilakukan dengan tujuan, bagaimana jika peserta kurang menguasai materi dapatdijelaskan terlebih dahulu sehingga semua peserta dapat mengetahui dan memahami sehingga merekatidak akan menghambat jalannya pelatihan. Metode demonstrasi dilakukan dengan memberikan contohbekerja pada Sabet dan penggunaan Pendampingan, serta penempatan dialog, atau dhodhogangendingrangka kesatuan pakeliran sesuai dengan pekerjaan pada bermain disajikan. Bentuk demonstrasi dilakukanberulang-ulang, sehingga peserta tidak lupa baik presenter atau pengrawitparticipants. Juga Selin inginmemahami Ulasan ketentuan mereka sebelum pelatihan, sehingga peserta didik akan lebih mandiri, danMudah dievaluasi. Metode Kami diterapkan secara fleksibel, mengingat usia peserta adalah bahwakonstruktor harus selalu bersabar dalam memberikan contoh yang baik dari penggunaan angka dan gerakanyang berhubungan dengan Pendampingan Sabet disajikan.Kata kunci: dalang berbakat, dalang kecil, Karanganyar.Downloads
References
Groenendael, Victoria Maria Clara van, 1987. Dalang Di Balik Wayang. Jakarta Grafiti Press.
Fasli Jalal, 2010. Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Nunung Susanto 2015, pedoman pelaksanaan gelar – Parade Dalang Cilik Se Kabupaten Karangnyar,
Purbo Asmoro, 2009, Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat di Sanggar Seni Pedalangan Gaya Surakarta Di Serengan Surakarta
Rapar, J.H. 2001. Filsafat Politik Plato Aristoteles, Augustinus, Machiavelli. PT. Grafindo Persada, Jakarta.
Reni Akbar. Dkk. 2001. Keberbakatan Inteltual, Grasindo PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sukatno 2010 “Laporan Pembinaan Pedalangan di Sanggar Mardi Budaya Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten
Karanganyarâ€. Institut Seni Indonesia ISI Surakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Abdi Seni's Posting Your Article Policy at https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/abdiseni/about/editorialPolicies#peerReviewProcess
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Abdi Seni agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Abdi Seni uses a variety of waivers and licenses that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
- Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
- Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
- Open Data Commons Public Domain Dedication and Licence, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/
Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis). They should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.
Open Data and Software Publishing and Sharing
The journal strives to maximize the replicability of the research published in it. Authors are thus required to share all data, code, or protocols underlying the research reported in their articles. Exceptions are permitted but must be justified in a written public statement accompanying the article.
Datasets and software should be deposited and permanently archived in inappropriate, trusted, general, or domain-specific repositories (please consult http://service.re3data.org and/or software repositories such as GitHub, GitLab, Bioinformatics.org, or equivalent). The associated persistent identifiers (e.g., DOI or others) of the dataset(s) must be included in the article's data or software resources section. Reference(s) to datasets and software should also be included in the article's reference list with DOIs (where available). Where no domain-specific data repository exists, authors should deposit their datasets in a general repository such as ZENODO, Dryad, Dataverse, or others.
Small data may also be published as data files or packages supplementary to a research article. However, the authors should prefer a deposition in data repositories in all cases.