EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DAN KETRAMPILAN BERMUSIK UNTUK PELAJAR DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA

Main Article Content

Bambang sosodoro

Abstract

Pendidikan karakter untuk anak-anak dan atau remaja adalah hal yang sangat penting. Sebagai generasi penerus bangsa diharapkan untuk meneruskan cita-cita luhur mereka sebagai bangsa yang bermartabat dengan menegakkan nilai-nilai budaya Timur. Dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, musikJawa adalah salah satu warisan budaya yang dapat digunakan sebagai media pendidikan. Hal itu, dikarenakan para musisi mempunyai ajaran atau nilai-nilai yang positif dan sangat berguna untuk pembentukan karakter dan kepribadian anak. Misalnya, seperti yang dinyatakan dalam teks atau lirik lagu. Pada kesempatan ini, melalui kegiatan pelayanan masyarakat di tingkat sekolah menengah (SMA) Negeri 1 Surakarta, diharapkan dapat memberikan kontribusi ide-ide dan cita-cita yang sama. SMA Negeri 1 Surakarta adalah sekolahfavorit, memiliki siswa cerdas, terampil, dan menjunjung tinggi disiplin. Dengan dukungan sumber daya manusia, dan infrastruktur yang sangat memadahi, pendidikan karakter dan keterampilan bermain alat musik tradisional dapat disalurkan melalui pelatihan musik dalam kegiatan ekstrakurikuler.Kata kunci: pendidikan karakter, keterampilan musik, gamelan Jawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Djoko Santosa. 2010. Buku Pedoman Program

PPM.

Rahayu Supanggah. 2000. “Memberdayakan Seni Tradisiâ€. Makalah disampaikan pada diskusi kesenian di STSI Bandung, tanggal 27 September 2000.

RahayuSupanggah. 2010. “Kesenian Tradisi Sebagai Unsur Ketahanan Nasional†Makalah seminar nasional. ISI Surakarta.

Slamet Riyadi. 2010. Peningkatan Ketrampilan Kalompok Karawitan Sekarwarsito Mojosongo Melalui Kegiatan Pelatihan. Laporan PKM.

Darno. 2009.Pelatihan Karawitan Terhadap Anak anak Penghuni Lapas Kotoharjo Di Wilayah KabupatenPurworejo, Jawa Tengah. Laporan PKM.