MUSIK UNTUK TUNA RUNGU

Main Article Content

BONDAN Aji Manggala

Abstract

Artikel ini merupakan ringkasan laporan hasil kegiatan program PPM, yang terkonsentrasi pada penciptaan karya dan pelatihan musik pada tuna rungu. Tujuan dari kegiatan ini ada mewujudkan langkah awal untuk memperoleh rumusan model pengembangan karya musik dan metode pelatihan yang akomodatif untuk diikuti dan dinikmati oleh tuna rungu. Program kegiatan dilakukan dengan beberapa tahap awalan yaitu (1) riset dan laboratoruim untuk menentukan material instrumen dan musikal. Selain itu, juga mengoptimalisasikan model komunikasi dalam proses bermusik dengan media visual (isyarat tubuh), auditif, dan getaran.Keutamaan dalam aktivitas kegiatan ini adalah menciptakan “titik normal†antara kalangan berpendengaran normal dan tuna rungu dalam mengapresiasi dan berkegiatan musik.Kata kunci: tuna rungu, model karya dan pelatihan musik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bunawan L. & Cecilia S.Y. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu, Jakarta: Yayasan Santi Rama.

Donald F. Moores. 2001. Educating The Deaf: Psychology, Principles, and Practices, Boston: Houghton Mifflin Company.

Evans R & Russell P. 1992. Manajer Kreatif, Jakarta: Binarupa Aksara.

Ira Puspitawati. 2008. Hubungan antara Kemampuan Komunikasi dengan

Kemandirian pada Remaja Tunarungu, Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Jonet Sri Kuncoro. 2006. Sebuah Catatan Harian, Laporan Karya Seni, Surakarta: Penciptaan Seni, Pasca Sarjana ISI Surakarta.

Kadarsih. 2009. Latihan Bina Persepsi Bunyi dan Irama Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tuna Rungu Wicara Kelas III SLB Negeri Sragen Tahun 2008/2009, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Tati Herawati. 2007. Pengembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu, Bandung: Jurusan PLB FIP Universitas Pendidikan Indonesia.

Tika Verda Ayu R. 2013. Penggunaan Metode Audiolingual Terhadap Keterampilan Menyimak pada Siswa Tunarungu, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.