PENGEMBANGAN MEDIA PUBLIKASI MUSEUM SISA HARTAKU

Authors

  • CITRA Dewi Utami Jurusan Televisi dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta
  • Anung Rachman Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta
  • Nerfita Primadewi Jurusan Televisi dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/abdiseni.v6i1.2256

Abstract

Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui penginformasian dan pemasaran Museum Sisa Hartaku secara global. Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa pengembangan media publikasi dalam wujud website. Pelatihan yang diberikan guna menunjang kegiatan tersebut berupa workshop pengoperasiaan kamera, workshop penulisan artikel online, workshop pembuatan serta pemeliharaan website. Subjek pelatihan pada program ini adalah para anggota kelompok pengelola museum dan kelompok pengelola warung cinderamata. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah melalui diskusi dan praktik. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberi solusi persoalan rendahnya tingkat kunjungan di Museum Sisa Hartaku. Pelatihan berlangsung selama delapan kali pertemuan, dengan materi pelatihan melalui tahap perencanaan, persiapan, pembuatan, pengujian, dan pemeliharaan. Bentuk pelatihan dimulai dari pendiskusian terkait materi publikasi yang diharapkan oleh mitra program. Gunung Merapi dan Awan Panas Wedhus Gembel terpilih sebagai brand dan mewujud dalam bentuk logo. Brand merupakan pijakan penting dalam program pengembangan media publikasi ini. Mitra diharapkan dapat mengenali ciri khusus usaha dan selanjutnya dijadikan daya tarik bagi masyarakat luas. Sehingga calon pengunjung bersedia datang ke Museum Sisa Hartaku secara langsung setelahmendapatkan informasi melalui website www.sisahartaku.com. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pentingnya kepemilikan website bagi penggerak usaha pada saat ini. Website yang dibuat cukup informatif dan mampu meningkatkan jumlah pengunjung Museum. Kurang lebih tiga puluh persen peningkatan jumlahkunjungan dibanding sebelum dibuatnya media publikasi dapat tercapai. Hal ini, berimbas terhadap peningkatan jumlah penjualan produk souvenir secara manual sebesar seratus persen, namun belum terjadi transaksi secara online selama pelaksanaan program pengabdian ini.Kata kunci: museum, Merapi, wedus gembel, publikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ewen, Stuart. 2001. Captains of Consciousness; Advertising and the Social Roots of Consumer Culture. Basic Book: USA.

Joko Dewanto. 2006. Web Desain (Metode Aplikasi dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saleh, Abdul Rahman. 2010. Membangun Perpustakaan Digital: Step by Step. Jakarta: Sagung Seto.

Saputro, Hendra W. 2007. Pengertian Website dan Unsur-unsurnya. Soedarso SP, 1980, Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern, Yogyakart : Saku Dayar Sana.

Suyanto, Asep Herman. 2007. Step by Step: Web Design Theory and Practices. Yogyakarta: Andi Offset.

Williamson, Judith. 2002. Decoding Advertisements; Ideology and Meaning in Advertising.

Marion Boyars: UK.

Internet:

http://id.shvoong.com/business-management/mark e t ing/1948086- beberapa man f a a t - m emb a n g u n - c i t r a -perusahaan/#ixzz1YUdw5SsZ. Diunduh tanggal 20 Januari 2013.

. 2012. Definisi dan Pengertian Web Menurut Para Ahli. [Online]. Tersedia:

http://www.sambureki.com/definisi/definisi-dan-pengertian-web-menurutpara-ahli.html. [29 September 2012,17.32 WIB].

http://raghibnuruddin217.blogspot.com/

Published

2015-06-06

Issue

Section

Articles