PELATIHAN KETRAMPILAN ASESORIS DINDING SEBAGAI UPAYA PENANAMAN JIWA CINTA SENI DAN KEWIRAUSAHAAN DI SANTRI PONDOK PESANTREN Al AMIN PALUR MOJOLABAN SUKOHARJO

Main Article Content

imam mahdi
s sunarmi

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil studi lapangan di Pondok Al Amin Palur Sukoharjo dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Tim ISI Surakarta tahun 2014. Tujuan kegiatan menemukan permasalahan di lapangan selanjutnya menyelesaikan dengan cara pelatihan dan pendampingan pembuatan produk kria. Metode pelaksanaan dengan pendekatan partisipasi dan kolaborasi mitra, baik dalam hal pengumpulan data, pendampingan pembuatan produk sampai dengan pasca pelatihan. Penerapan metode partisipasi dan kolaborasi mitra diharapkan dapat mengimplementasikan kolaborasi yang sesungguhnya, mitra dapat berpartisipasi dan berkolaborasi sesuai dengan kapasitasnya, serta dapat berkontribusi secara maksimal sehingga tim pengabdi dapat melatih dan mendampingi sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Hasil kegiatan berupa beberapa karya asesoris interior berupa lukisan kanvas dengan objek tumbuhtumbuhan. Terdapat keterbatasan tentang objek untuk membuat asesoris interior, siswa cenderung tidak mau mengambil objek hewan atau manusia. Selama dua bulan, terdapat progress yang dapat dilihat padahasil melukis pada kertas dan selanjutnya dituangkan secara hitam putih di kanvas dan akhirnya menjadi sebuah lukisan. Hasil kegiatan ketrampilan beberapa lukisan untuk ukuran anak SMU sudah menunjukkan ada keberanian bereksperimen bentuk, pengolahan warna, dan teknik aquarel dan plakat. Ketrampilan ini sebelumnya belum pernah diberikan di SMU karena keterbatasan SDM. Maka, pemahaman tentang kewirausahaan diberikan secara teoritis dan praktis. Kata kunci: hiasan dinding, lukisan, pemasaran produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Gustami, SP. 2000. Seni Kerajinan Mebel Ukir Jepara Kajian Estetik Melalui Pendekatan Multidisiplin. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Khisbiyah, Yayah dan Atiqa Sabardila, (Editor). 2004. Pendidikan Apresiasi Seni Wacana dan Praktik untuk Toleransi Pluralisme Budaya. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sachari, Agus. 1989. Estetika Terapan Spirit-spirit yang Menikam Desain. Bandung: Penerbit Nova.

__________. 1986. Paradigma Desain Indonesia. Jakarta: CV Rajawali.