PEMBELAJARAN TARI SURAKARTA PUTRI DI SMA WARGA SURAKARTA

Authors

  • Dwi Rahmani Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/abdiseni.v8i1.2370

Abstract

Abstrak Bentuk kegiatan yang dilaksanakan lebih terarah pada pelatihan tari tradisi gaya Surakarta untuk para siswa SMAWarga Surakarta.Materidanhasildaripelatihantariberupa repertoar taribentuk gaya Surakarta yaitu Tari Golek Sri Rejeki dan Golek Tirtokencono serta karya tari Sesaji Syukur.Dari hasil pelatihan, para siswa dapat memperagakan dan menyajikan tari tradisi gaya Surakarta. Metode pembelajaran yang digunakandalamproses pembelajarandi SMAWarga Surakarta inimeliputi:metode Ceramah, Demonstrasi, dan Drill. Kata kunci: Pembelajaran tari, tari tradisi. Abstract Form of activities that were conducted more focused on the classic dance training in Surakarta style for Warga High School Surakarta students. The material and the result of this dance training was in the form of Surakarta style dance repertoire wgich were Golek Sri Rejeki and Golek Tirtokencono dance, and Sesaji Syukur dance. As the training result, the students could demonstrate and present the of Surakarta style classic dance. The learning method used in the training process at SMA Warga Surakarta included: lecture, demonstration, and intensive trainings. Keywords: dance training, classic dance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BennyAgus Pribadi dan Dewi Padmo Putra , 2001. Ragam Media dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Edi Sedyawati,1981. Pertumbuhan SeniPertunjukan.

Jakarta: SinarHarapan.

Louis Ellfeld, 1977. Pedoman Dasar Penata Tari. Diterjemahkan oleh Sal Murgiyanto. Jakarta: LPKJ.

Mungkin Eddy Wibawa, 2001.Etika dan Moral Dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Paulina Pannen, dkk., 2001.Konstruktivisme dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Prasetyo Irawan, dkk, 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Primadi. Proses Kreasidan Apresiasi Belajar.

Bandung : ITB. 1978.

Sal Murgiyanto, 1986. “Dasar-dasar Koreografi Tari†dalam Pengetahuan Elementer Tari Dan BeberapaMasalahTari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sumadi Suryobroto, 1962. Psychologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali.

Sumaryono, 2003. Restorasi Seni Tari dan Tranformasi Budaya.

Toeti Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra, 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan TinggiDepartemen Pendidikan Nasional.

Daftar Diskografi

Tari Golek Tirtokencono, sususnan S. Witoyo, rekaman Ira Record

Tari Golek Sri Rejeki, susunan NN, rekaman Lokananta Record

Downloads

Published

2019-02-18

Issue

Section

Articles