TARI TRADISI GAYA SURAKARTA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MATERI AJAR DI SANGGAR TARI SEKAR AGENG KLATEN

Hartanto Hartanto

Abstract


Abstrak

 

Artikel ini membahas tentang pelatihan tari tradisi Gaya Surakarta dalam pengembangan materi ajar di Sanggar Sekar Ageng Klaten. Tujuan dari pelatihan untuk mewadahi bakat kemampuan dan pengayaan bidang seni tari bagi peserta didik sanggar, khususnya tari tradisi Gaya Surakarta. Sasaran adalah para peserta didik dan pelatih sanggar. Bentuk kegiatan pelatihan tari dan pengembangan kreativitas. Pelatihan ini tidak menghasilkanbentuk kinerja yang sempurna atau fokus pada penguasaan materisaja, namunlebih ditekankan pada proses, dalamkasus menekankanketerlibatan siswa sanggar dalammenggalikreativitas, kebebasan dan fleksibilitas dalam mengelola tubuh dan mengungkapkannya menjadi sebuah pertunjukan.Pelatihan ini memberikan pemahaman tentang kreativitas dasar, membentuk media kreatif, untuk melakukan karya-karya kreatif dan untuk mendokumentasikan audio-visual agar dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran tari di sanggar.

 

Kata kunci: pelatihan, siswa sanggar, tari, kreativitas.

 

Abstract

 

This article discussed the Surakarta style classic dance training in order to develop of teaching materials at Sanggar Sekar Ageng Klaten. The purpose of the training was to accommodate dancing abilityand enrich the dancing skills in for studio participants, especially Surakarta style classic dance. The targets were students and coaches. The activity took form as dance training and creativity development. This training did not only aim for mere perfect form of performance or focus on mastery of the material, but rather emphasized the process by accentuating the involvement of the studio students in exploring creativity, freedom, and flexibility when managing the body, and expressing it into a performance. This exercise provided anunderstanding of basic creativity, to form creative media, in order to perform creativeworks and to document audio-visual that could be used as a reference in dance learning ath the studio.

 

Keywords: training, studioo participants, dance, creativity.


Full Text:

PDF PDF

References


BennyAgus Pribadi dan Dewi Padmo Putri, 2001 Ragam Media dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Hartanto,S.Sn., M.Sn. 2010. Laporan PKM “Pelatihan Tari Sebagai Wujud Exspresi Kreatif Siswa Siswi SMA Santo Yosef Surakartaâ€. Institut Seni Indonesia Surakarta

Hartanto,S.Sn., M.Sn. 2015. Laporan PKM “Kreativitas SD Ta’ mirul Islam Surakarta Dalam Pelatihan Tariâ€. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Kamil Mushofa, 2004. Membuka Hati Membuka Jendela Langit. Charade.

Mungkin Eddy Wibawa, 2001. Etika dan Moral Dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal PendidikanTinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Paulina Pannen, dkk. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Prasetyo Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Toeti Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra, 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33153/abdiseni.v8i1.2371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdi Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2087-1759                           ISSN ONLINE: 2723-2468           

                             

 

Abdi Seni Indexed by: