Proyek Branding Kampung Bantaran Kali Boro Sebagai Penguatan Identitas Kampung Kreatif Di Kelurahan Purwodiningratan Surakarta

Authors

  • Muhammad Hendra Himawan Jurusan Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Albertus Rusputranto Ponco Anggoro Jurusan Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Satriana Didik Isnanta Jurusan Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/abdiseni.v11i1.3124

Abstract

Penelitian PPM Tematik Kelompok ini merupakan program pemberdayaan warga kampung di bantaran kali Boro. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mem-branding kampung Bantaran Kali Boro, sebagai bagian dari Kampung Kreatif. Yang dilakukan dengan melalui serangkaian kegiatan untuk mengetahui sejauh mana kreativitas warga kampung di bantaran Kali Boro dalam mengelola lingkungan sekitar dan bagaimana kreativitas tersebut dikembangkan demi tercapainya sebuah kampung kretif dan mandiri dalam mengelola lingkungan dengan kreativitas seni. Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam upaya branding kampung ini diantaranya adalah 1.Workshop Merchandising berciri khas Kampung Joyoraharjan berupa : workshop cetak cetak reproduksi (patung miniature) serta workshop grafis dan  sablonase. Workshop akan diberikan pada pemuda karang taruna kampung Joyoraharjan. 2. Workshop Batik Jumput dan Shibori, sebagai produk khas kampung Joyoraharjan. Workshop akan di berikan pada ibu-ibu dan remaja putri kampung Joyoraharjan. 3. Workshop Desain Product dan Kemasan (Packaging) untuk potensi kuliner warga kampung Joyoraharjan, sebagai bentuk inisiasi produk unggulan UMKM di Kampung Joyoraharjan. 4.Workshop Digital Marketing untuk publikasi potensi kesenian warga Kampung Kreatif Joyoraharjan. 5. Workshop Mural Sejarah Kampung bersama Anak-anak kecil 6. Penyelenggaraan Mini Festival Kampung -Kampung Kreatif Joyoraharjan, sebagai bagian dari event promosi dan branding kampung kreatif di Kota Surakarta. Kata Kunci :Pemberdayaan warga, kampung, Bantaran Kali Boro, Seni Rupa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, Ari Deni. 2016. Prospek Kampung Seni Nitiprayan

Menjadi Kampung Kreatif. Skripsi S1. Yogyakarta:

Universitas Gadjah Mada.

Gall, Meredith D., Joy P., Borg, Walter R. 2003. Educational

Research: An Introduction (7th Edition). Boston: Pearson

Education.

Priyatmono, Alpha Fabela. 2013. Dari Wisata Kreatif Menuju Solo

Kota Kreatif. Sinektika Vol.13 No.2, hlm. 69.

Rizqino, Quintanova. 2015. Estetika Tata Susun Kostum Solo Batik

Carnival (Studi Kasus: Sbc Ke-5 Tahun 2012 Tema

Metamorfosis). Tesis S2. Surakarta: Institut Seni

Indonesia Surakarta.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma.

Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sugiharto, Bambang. 2013. Untuk Apa Seni?. Bandung. Pustaka

Matahari

Wahida Wicandra, Obed Bima. 2015. “Berkomunikasi Secara Visual

Melalui Mural di Jogjakarta” dalam Jurnal Nirmana Vol.7

No.2. Juli 2015. ISSN 0215-0905. Surabaya: Universitas

Kristen Petra.

Sumber Online:

http://indoprogress.com/2016/02/dorongan-ke-arah-estetika-

partisipatoris/ (Diakses 7 Februari 2018)

https://joglosemar.co/2016/08/rumah-baca-sangkrah-rbs-

berdayakan-masyarakat-kenakalan-remaja-turun.html

(Diakses 7 Februari 2017)

Downloads

Published

2020-06-26

Issue

Section

Articles