Pemuda Kreatif Menuju Era Kompetitif "Tari Modern Wujud Ekspresi Kreatif"

Ni Nyoman Yuliarmaheni

Abstract


Siswa Sekolah Menengah Atas memunyai potensi seni yang cukup besar, baik seni tradisi maupun seni modern. Hal ini, dapat dilihat dari kegiatan ekstra di sekolah-sekolah yang sangat banyak peminatnya. Kondisi yang demikian sangat perlu adanya pendampingan dari pihak profesional agar bakat dan talenta yang mereka miliki dapat berkembang lebih baik. Kegiatan pendampingan bertujuan mewadahi bakat tari modern bagi para generasi muda, mengembangkan kemampuan dan pengayaan bidang seni tari secara profesional, meningkatkan kualitas kepenarian tari modern, mengembangkan krestivitas dalam bidang tari moderrn, dan membentuk organisasi kawula muda dalam event Hari Pemuda Internasional. Materi pelatihan yang diberikan terdiri atas 3 (tiga) jenis, pertama adalah materi latihan (praktik), kedua pengembangan kreativitas, serta ketiga pengambangan apresiasi seni. Dengan metode partisipasi reaktif. Model ini sangat menekankan adanya kesadaran pengembangan individu agar bisa secara kreatif dan meningkatkan kemandirian yang produktif. Hasil dari pelatihan ini adalah terwujudnya gelar bersama pemuda se kota Surakarta dalam Pesta Pelajar anak-anak SMA se Kota Surakarta dan dokumentasi audio visual yang dapat digunakan acuan bagi sekolah SMU dalam pembelajaran tari Modern.

Keyword : Tari Modern, Praktik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33153/abdiseni.v1i1.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Abdi Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2087-1759                           ISSN ONLINE: 2723-2468           

                             

 

Abdi Seni Indexed by: